Ibarat 'Stuntman', Pembimbing Ibadah Ini Lempar Jumrah 637 Batu

Prosesi Melempar Jumrah
Sumber :
  • REUTERS/Zohra Bensemra

VIVA – Sosok pembimbing ibadah, Muhammad Zakka Herry patut diacungi jempol. Bagaimana tidak, pria jebolan Pondok Pesantren Tebu Ireng ini harus membadalkan 12 jemaah sakit yang tak bisa melempar jumrah dan enam orang yang tak berdaya melakukan tawaf ifadah sendiri.

Ibarat stuntman, Zakka melakukan tujuh kali tawaf dan melontar 637 batu kerikil di Jamarat. Zakka melakukan dengan sepenuh hati demi amanah yang diembannya.

"Saya terus terang hampir tidak sanggup enam kali tawaf ifadah," kata Zakka dengan wajah lusuh dikutip dari Kementerian Agama RI.

Zakka menambahkan, mereka yang dibadalkan karena lumpuh, kena stroke, terkena serangan jantung, atau hilang ingatan. Itu artinya Zakka harus melakukan enam kali tawaf ifadah buat orang lain dan satu kali tawaf ifadah buat diri sendiri.

Jika satu kali tawaf ifadah dia harus tujuh kali mengelilingi Ka'bah dan tujuh kali bolak-balik dalam sai, berarti secara total dia harus melakukan 49 kali putaran tawaf dan 49 kali sai.

"Ketika orang hanya melaksanakan satu kali tawaf ifadah di antara ratusan ribu orang, saya melakukan tujuh kali tawaf ifadah. Tangan nyaris keseleo setelah melempar ratusan kerikil dan kakinya bengkak-bengkak usai melakukan 49 putaran tawaf dan 49 kali sai," ucapnya.