Halo
Pembaca

VIVANetworks

News

Bola

Sport

Showbiz

LifeStyle

Otomotif

Digital

Ragam

Militer

Netizen

Lintas

Informasi

Cara Mudah Masuk Hijir Ismail, Bagian dari Ka'bah

Jumat, 16 Agustus 2019 | 05:14 WIB
Oleh :
Foto :
  • ANTARA FOTO/Ismar Patrizki
Sejumlah umat bermunajat di dinding Kabah bagian dalam Hijir Ismail di Masjidil Haram, Mekah.

VIVA – Hijir Ismail merupakan bagian dari Ka'bah. Berbentuk setengah lingkaran dengan pagar tembok setinggi 1,23 meter. Lokasinya berada di antara Rukun Iraki dan Rukun Syami atau di sebelah utara Ka'bah dari arah talang mas.

Panjangnya dari luar tembok sekitar 12 meter, dari dalamnya sekitar 8 meter, pintunya sebelah timur lebarnya 2,30 meter, sebelah barat lebarnya 2,23 meter. Karena bagian dari Ka'bah, maka saat tawaf, jemaah haji atau umrah juga akan memutari bagian ini.

Baca Juga

Ada hadits yang memastikan Hijir Ismail merupakan bagian dari Ka'bah. Dalam sebuah riwayat, Aisyah ra pernah meminta izin kepada suaminya, Muhammad SAW, untuk masuk ke  dalam Ka'bah. Rasulullah lalu membawa Aisyah ke Hijir Ismail, sambil bersabda, "Salatlah di sini kalau ingin salat di dalam Ka'bah, karena ini termasuk bagian dari Ka'bah."

Hijir Ismail sendiri merupakan lokasi di mana Nabi Ibrahim AS menurunkan istrinya, Siti Hajar dan puteranya, Ismail, saat pertama kali mengajak mereka ke Mekah. Saat musim haji atau pun hari biasa, Hijir Ismail akan menjadi tujuan jemaah beribadah seperti halnya Raudhah di Masjid Nabawi.

Namun tidak setiap saat pintu menuju Hijir Ismail dibuka, ada waktu-waktu tertentu pintu akan ditutup. Nah karena menjadi incaran jemaah, tentu perlu trik khusus agar bisa memasuki wilayah ini.

Read more...
Topik Terkait
Saksikan Juga