Dua Gua Bersejarah di Sekitar Mekah

Peziarah mendaki Jabal Nur (Bukit Cahaya) menuju Gua Hira, di Makkah Al Mukarramah, Arab Saudi, Sabtu, 4 Mei 2019.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aji Styawan

VIVA – Gunung itu terletak di sebelah utara Masjidil Haram, Mekah. Berjarak sekitar enam kilometer. Jabal Nur namanya. 

Untuk mendaki hingga ke puncak dibutuhkan waktu sekitar satu jam. Di atas terdapat sebuah gua yang cukup untuk duduk sekitar empat orang.

Gua itu juga tidak terlalu tinggi. Hanya setinggi orang dewasa berdiri. Gua ini lah yang dikenal sebagai Gua Hira.  

Jabal Nur dan Gua Hira memiliki sejarah yang sangat penting dalam sejarah Islam. Di gua ini, Nabi Muhammad SAW menerima wahyu yang pertama, yakni surat Al-'Alaq ayat 1-5.

Gua Tsur

Tidak hanya Jabal Nur, juga berjarak sekitar enam kilometer, namun terletak di sebelah selatan Masjidil Haram, terdapat gunung yang dikenal dengan Jabal Tsur.

Gunung ini juga menyimpan sejarah penting bagi perjalanan Islam. Rasulullah SAW bersama dengan Abu Bakar Assiddiq pernah menyembunyikan diri di gunung tersebut, saat hendak hijrah ke Madinah. 

Menurut riwayat, setelah Rasulullah SAW selamat dari kepungan orang kafir Quraisy di rumahnya, Rasulullah lalu diam-diam bersinggah ke kediaman Abu Bakar.

Bersama dengan Abu Bakar, Rasululullah kemudian berlindung untuk menyembunyikan diri di Jabal Tsur selama tiga hari sebelum menuju Madinah. Saat itu, sebagian orang kafir Quraisy sempat sampai ke Gua Tsur di Jabal Tsur tersebut.

Namun, mereka mendapati gua itu yang tertutup dengan sarang laba-laba serta burung merpati yang sedang bertelur di sarangnya. Kondisi itu yang membuat orang kafir Quraisy berpikir tidak mungkin Rasulullah bersembunyi di gua tersebut.

Walaupun, saat mereka berada di mulut gua, Abu Bakar sangat cemas. Namun, akhirnya Rasulullah dan Abu Bakar pun selamat dari kejaran orang kafir Quraisy itu.

Untuk bisa masuk ke gua yang memiliki sejarah penting bagi Islam ini hanya bisa dengan merangkak. Setelah masuk di dalam juga hanya bisa untuk duduk.

Jika ingin mendaki hingga mencapai Gua Tsur ini diperlukan waktu hingga 1,5 jam.

Sumber: Tuntutan Manasik Haji dan Umrah, Kementerian Agama RI