Halo
Pembaca

VIVANetworks

News

Bola

Sport

Showbiz

LifeStyle

Otomotif

Digital

Ragam

Militer

Netizen

Lintas

Informasi

Dimanakah Letak Masjid Abu Bakar, Umar dan Usman?

Jumat, 16 Agustus 2019 | 06:40 WIB
Oleh :
Foto :
  • AL-Madinah Al Munawwarah Research Studies Center.
Masjid Abu Bakar Shiddiq

VIVA – Abu Bakar ash-Shiddiq, Umar bin Khattab dan Usman bin Affan dikenal sebagai sahabat terdekat Nabi Muhammad SAW. Kesalehan dan keimanan mereka kepada Allah SWT tidak diragukan lagi. Pun, kesetiaannya kepada Rasulullah SAW.

Saat hijrah ke Madinah, ketiganya setia mendampingi perjuangan Muhammad SAW. Dan, sepeninggal Rasulullah SAW, ketiganya bergantian menjadi pemimpin umat Islam. Saat meninggal dunia, Abu Bakar dan Umar dimakamkan berdekatan dengan makam Rasulullah SAW di kompleks Masjid Nabawi.

Baca Juga

Saat menetap di Madinah, para sahabat Nabi ini mendirikan masjid yang yang dilabeli dengan nama masing-masing. Namun ada juga yang dibangun orang lain. Di manakah letak ketiga masjid para sahabat ini?

Masjid Abu Bakar
Letaknya tidak jauh dengan Masjid Nabawi. Kurang lebih sekitar 335 meter jarak antara kedua masjid ini. Masjid Abu Bakar juga hanya berjarak 40 meter dari Masjid Ghamamah. Luas masjid sekitar 19,5 meter x 15 meter. Masjid ini pada pemerintahan Raja Fadh di tahun 1411 Hijriyah atau tahun 1993 pernah direnovasi. Umar merupakan Khalifah pertama sepeninggal Rasulullah.

Read more...
Topik Terkait
Saksikan Juga