Desa Wangel Adaptasi dengan Era Modern Melalui Pelatihan Komputer

Pelatihan Komputer Desa Wangel.
Sumber :
  • Dok. Kemendesa

Pemerintah Desa Wangel, Kecamatan Pulau-Pulau Aru, Kabupaten Kepulauan Aru, Provinsi Maluku sangat peduli terhadap tingkat pendidikan anak usia sekolah. Terlebih dengan adanya kemajuan teknologi dan informasi yang mengharuskan anak usia sekolah sudah harus bisa mengenal dan mengoperasikan komputer.

Tak dapat dimungkiri bahwa komputer sudah menjadi kebutuhan bagi masyarakat di era modern. Dalam dunia pendidikan, siswa didorong untuk dapat mengoperasikan komputer mulai dari tingkat Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Tingkat Atas hingga Perguruan Tinggi.

Selain di dunia pendidikan, komputer juga telah menjadi konsumsi umum, baik untuk pegawai kantoran maupun untuk ibu rumah tangga. Namun, ternyata masih banyak anak-anak usia sekolah, pegawai Pemerintahan Desa, dan BPD yang tidak dapat mengoperasikan komputer.

Untuk itu, setelah melalui musyawarah RKP Desa, Pemerintah Desa memutuskan bahwa kegiatan pelatihan komputer bagi anak usia sekolah kini menjadi prioritas dalam kegiatan pengembangan Sumber Daya Manusia, hingga kemudian kegiatan ini diaplikasikan ke dalam APBDes Desa Wangel.

Usulan ini berawal dari keprihatinan Bapak John Imlabla sebagai Bendahara Desa Wangel. Dalam Musyawarah RKP Desa tahun 2017, ia menyampaikan keprihatinannya karena sebagian besar staf desa belum mengenal dan mengoperasikan komputer.

Sebagai seorang Bendahara Desa, ia merasa kesusahan karena ia bekerja sendiri lantaran teman-teman staf desanya tidak bisa mengoperasikan komputer. Oleh karena itu, ia meminta agar kegiatan pelatihan komputer dapat dimasukkan dalam APBDes Desa 2018.

Akhirnya, Pemerintah Desa sepakat untuk mengundang Pendamping Desa yang bertugas di Kecamatan Pulau-Pulau Aru. Ia diminta untuk membantu sekaligus menjadi tenaga pelatih agar kegiatan ini dapat berjalan dan menghasilkan pengetahuan dan pemahaman kepada Pemdes, BPD, dan anak-anak usia sekolah terhadap komputer.

Wacana ini pun disambut antusias oleh seluruh lapisan warga Desa Wangel. Inovasi desa dalam bentuk pelatihan komputer yang menggunakan Dana Desa Tahun 2018 sebesar Rp25.100.000 ini dilaksanakan selama 6 hari dan dibagi dalam 3 kelas mengikuti tingkat pemahaman.

Kelas I (satu) dilaksanakan pada jam 15.00 – 17.00 untuk anak-anak tingkat SD dan SMP kelas 7. Kelas II (dua) dilaksanakan pada jam 18.00-20.00 untuk anak-anak tingkat SMP (kelas 8 dan 9) dan SMA kelas 10, 11, dan 12. Kelas III (tiga) dilaksanakan pada pukul 21.00-22.30 untuk Perangkat Desa dan BPD.

Dari kegiatan ini, anak usia sekolah Desa Wangel yang berusia 6-12 tahun (Sekolah Dasar) sudah dapat mengenal dan mengoperasikan komputer, anak usia sekolah yang berusia 13-17 (Sekolah Menengah dan Atas) sudah dapat mengoperasikan komputer khusus Word dan Excel, dan pegawai Pemerintah Desa dapat mengoperasikan komputer untuk keperluan surat menyurat.

Melihat semangat dari anak-anak usia sekolah, Pemerintah Desa, dan BPD untuk mau terus belajar, kegiatan pelatihan komputer ini diharapkan tidak hanya dilakukan sekali dalam setahun, melainkan berkelanjutan sehingga ilmu yang telah diperoleh dapat terus diasah dan dikembangkan.