Ini Skuad Terbaik Selama Fase Grup Liga Champions

Striker PSG, Zlatan Ibrahimovic rayakan gol ke gawang Anderlecht
Sumber :
  • REUTERS/Francois Lenoir

VIVAbola - Fase grup Liga Champions akhirnya selesai pada tengah pekan ini. Sejumlah rekor pecah dan pemain bintang semakin bersinar. Siapa-siapa saja yang tampil sebagai terbaik?

Tim-tim besar Eropa melaju tanpa masalah ke putaran 16 besar Liga Champions. Hanya klub-klub Italia saja yang tampak kesulitan, setelah sejumlah pemainnya gagal menunjukkan konsistensi.

Dari hasil penyisihan grup, inilah tim terbaik sementara Liga Champions versi situs UEFA:

Kiper:
Iker Casillas (Real Madrid)

Mungkin ia belum mendapatkan tempat utama di La Liga. Namun, Casillas menunjukkan penampilan gemilang saat tampil di Liga Champions. Dari enam matchday, dua di antaranya berakhir tanpa kebobolan.

Belakang:
Joao Miranda (Atletico Madrid)

Penampilan Rojiblancos menjadi salah satu yang terbaik di fase grup, dengan hanya kebobolan tiga kali di Grup G. Miranda tampil cemerlang dengan mencetak dua gol dan sebuah assist, meski berstatus pemain belakang.

Per Mertesacker (Arsenal)
Penampilannya mengawal lini belakang The Gunners digadang-gadang sebagai yang terbaik sejak bergabung dua musim lalu. Bek Jerman ini menjadi pahlawan saat menumbangkan Borussia Dortmund.

Marquinhos (Paris Saint-Germain)
Meski baru 19 tahun, bek asal Brasil ini sudah mampu tampil bagus di level tertinggi sepakbola Eropa. Selain itu, kemampuan menyerang Marquinhos juga terbukti oke. Mencetak dua gol dan satu assist jadi buktinya.

Tengah:
Mohamed Salah (Basel)

Salah satu pemain paling menonjol sepanjang fase grup dengan koleksi dua golnya. Yang jadi kelebihan, dua gol itu berbuah kekalahan bagi raksasa Premier League, Chelsea.

Philipp Lahm (Bayern Munich)

Didorong agak ke depan, Lahm mampu menjadi kunci permainan Bayern. Konsistensinya sempat membuat Die Roten tak terkalahkan dalam 10 laga beruntun, sebelum tunduk dari Manchester City, tengah pekan kemarin.

Aaron Ramsey (Arsenal)
Gelandang Wales ini memang menjadi mesin gol buat Arsenal musim ini, termasuk di kancah Liga Champions. Lima gol sudah Ramsey cetak sejauh ini dan membawa The Gunners lolos ke fase knockout.

Arjen Robben (Bayern Munich)
Meski mengalami cedera, Robben tetap menunjukkan ketajaman dengan membuat tiga gol serta dua assists. Posisi sayap kiri pun sangat pantas dipegang oleh pria Belanda ini.

Depan:
Wayne Rooney (Manchester United)

Wazza menjadi pemimpin MU di level Eropa saat terpuruk di liga domestik. Memang torehan golnya hanya tiga buah saja, namun angka assistsnya sangat luar biasa dengan enam buah.

Zlatan Ibrahimovic (Paris Saint-Germain)

Makin tua makin jadi. Ibrahimovic benar-benar masih menjadi tumpuan PSG dalam urusan membobol gawang lawan. Total delapan gol sudah ia sumbangkan, di antaranya empat buah ke gawang Anderlecht.

Cristiano Ronaldo (Real Madrid)

Tak ada pemain lain yang sesubur CR7 sepanjang fase grup kemarin. Torehan sembilan gol, yang memecahkan rekor, membuat El Real lolos ke fase KO dengan hanya kehilangan dua poin. (one)