Borneo FC Sudah Punya Kiper Andalan Penggagal Penalti

Kiper Pusamania Borneo FC, Juni Irawan (tengah)
Sumber :
  • Pusamaniafc.com
VIVA.co.id - Pusamania Borneo FC sangat fokus mempersiapkan diri hadapi babak adu penalti di Piala Jenderal Sudirman. Namun, "Pesut Etam" sudah memiliki kiper yang handal menangkis eksekusi lawan.

Menurut regulasi, Piala Jenderal Sudirman akan langsung berlanjut ke adu penalti, kalau kedua tim bermain imbang selama 90 menit.

Tercatat, sudah dua pertandingan Grup C harus diakhiri oleh adu penalti. Ketika PSM Makassar berhasil kalahkan Mitra Kukar, dan Bali United mengatasi Persipura Jayapura.

Maka tidak aneh, kalau Borneo FC fokus mempersiapkan diri untuk hadapi babak adu penalti. Namun, satu nama sudah muncul sebagai andalan ketika masuki babak tos-tosan tersebut.

Nama tersebut adalah Juni Irawan, yang merupakan kiper utama Borneo FC, ketika sukses promosi ke Indonesia Super League (ISL) dari Divisi Utama di 2014 lalu. Tidak adanya Galih Sudaryono membuat Juni kembali jadi pilihan utama.

Performa Juni ikut memberikan kontribusi besar dalam perebutan tiket promosi ke kasta tertinggi tersebut. Salah satunya ketika menang adu penalti atas PSGC Ciamis pada semifinal di Sidoarjo, 24 November 2014.

"Ya, tegangnya sama kayak yang mau tendang. Tetapi, bedanya kalau pemain bisa nolak jadi eksekutor. Nah, kalau kiper ya nggak bisa, di sini mental dan ketenangan kita diuji," ujar Juni pada situs resmi PBFC.

Dalam Divisi Utama musim lalu, Juni tercatat berhasil tiga kali mentahkan penalti lawan. Tentu, sebuah catatan positif. Ditanya soal kunci keberhasilannya, pemain 29 tahun itu menegaskan fokus adalah yang terpenting.

"Pada intinya, saat dihadapkan dengan kondisi itu (penalti), kita harus fokus dan enjoy. Dan yang terpenting, harus jeli-jeli membaca ke mana arah bola bakal ditendang," tambahnya. (asp)

Borneo FC sendiri baru akan tampil di Piala Jenderal Sudirman saat hadapi PS TNI pada hari Rabu, 18 November 2015, di Stadion Gelora Delta Sidoarjo.