Reaksi Keras Pasukan Singa LNA Usai Tahu Turki Selundupkan Tank M60

VIVA Militer: Tank M60 Sabra milik Angkatan Bersenjata Turki
Sumber :
  • GoodFon.com

VIVA – Dukungan Angkatan Bersenjata Turki (TSK) kepada Pemerintah Kesepakatan Nasional Libya (GNA) masih terus berlanjut. Tentara Nasional Libya (LNA) mengetahui bahwa Turki baru saja menyelundupkan sejumlah tank M60 Sabra, lewat kota pelabuhan Misrata, Libya.

Penyelundupan tank M60 oleh Turki ke Libya sebenarnya sudah terjadi pekan lalu. Akan tetapi, LNA lewat juru bicaranya, Ahmad Al-Mismari, baru mengonfirmasi temuannya itu. 

Lewat akun Facebook pribadinya, Al-Mismari menyebut bahwa Turki mengirim tank M60 secara ilegal lewat pelabuhan di kota Misrata, 28 Mei 2020 lalu. Mewakili LNA, Al-Mismari menyebut bahwa ada sebuah kapal kargo yang terdeteksi dan mencurigakan milik perusahaan Turki bernama CIRKIN.

Tak sendirian, kapal kargo milik perusahaan Turki itu disebut Miswari bergerak bersamaan dengan sebuah kapal perang yang juga milik Turki secara bersamaan. Al-Mismari menduga, kapal perang itu tengah mengawal kapal kargo yang tengah mengirim tank M60.

"Sebuah kapal kargo milik perusahaan Turki (CIRKIN) terdeteksi mencurigakan mengirim tank M60. (Kapal kargo tiba) pada 28 Mei pukul 10.55 pagi. Pergerakan kapal (kargo) bersamaan dengan kapal fregat Turki yang berada dekat dengannya," bunyi pernyataan Al-Mismari.

"Tempat kejadian ini juga dipantau di Twitter pada 29/5 (29 Mei) setelah kapal tiba. (Pasukan GNA) telah berterima kasih kepada Turki karena mengirim tank M60," lanjut pernyataan Al-Mismari.

Selain Mismari, ada dua orang pengamat militer Libya yang tak disebutkan namanya mengunggah gambar di akun Twitter. Gambar tersebut menunjukkan sebuah truk membawa kendaraan militer yang tampak seperti tank.