Bukti Militer Indonesia Lebih Kuat dari Israel dan Korut

VIVA Militer: Pasukan Tentara Nasional Indonesia (TNI)
Sumber :
  • World Defense

VIVA – Selalu menarik untuk membahas negara mana yang memiliki kekuatan militer paling besar di dunia. Sebab dalam benak masyarakat dunia, siapa yang memiliki militer terkuat pasti akan menjadi negara adidaya, adikuasa. Lantas, bagaimana dengan kekuatan militer Tentara Nasional Indonesia (TNI)?

Sejak berdiri pada 5 Oktober 1945, TNI senantiasa menjadi garda terdepan untuk melindungi kedaulatan Negara Republik Indonesia (NKRI). Dari Sabang sampai Merauke, TNI senantiasa siap berkorban jiwa raga untuk Indonesia.

Peningkatan kekuatan baik personel dan Alat Utama Sistem Persenjataan (Alutsista), terus meningkat dari masa ke masa. Hingga saat ini, TNI mewakili Indonesia menjadi kekuatan militer terbesar di Asia Tenggara.

Fakta ini dibuktikan oleh sebuah situs analisa kekuatan militer di 138 negara dunia, Global Firepower. Dalam situs ini, TNI menduduki posisi ke-16 dalam hal kekuatan militer. Data ini diambil dari komponen kekuatan personel dan Alutsista.

Dalam data Global Firepower, saat ini TNI memiliki jumlah personel (total military personel) sebanyak 800.000 prajurit. Ada 400.000 personel aktif, sementara 400.000 personel lainnya merupakan pasukan cadangan. Jumlah ini adalah keseluruhan dari tiga matra, TNI Angkatan Darat (AD), TNI Angkatan Laut (AL), dan TNI Angkatan Udara (AU).

TNI AD menjadi yang terkuat, ditinjau dari kekuatan personel dan Alutsista yang dimiliki. Global Firepower mencatat, TNI AD memiliki 313 unit tank dan 1.178 unit kendaraan lapis baja. Selain itu, TNI AD juga memiliki 153 unit artileri manual kendara, 366 unit artleri bergerak, dan 36 unit proyektor roket.

Berlanjut ke TNI AL. Saat ini, TNI AL tercatat memiliki total aset sebanyak 282 unit kapal mulai dari frigate, perusak, korvet, patroli, penyapu ranjau, dan kapal selam. TNI AL memiliki 156 kapal patroli, 24 unit kapal korvet, tujuh unit kapal frigate, 10 unit kapal penyapu ranjau, dan lima unit kapal selam.

Yang terakhir adalah TNI AU, yang memiliki kekuatan 462 pesawat dan helikopter. Saat ini TNI AU memiliki 41 unit pesawat tempur, 39 unit pesawat serangan khusus, 109 unit pesawat latih, lima unit pesawat misi khusus, dan 54 pesawat angkut. Untuk helikopter, TNI AU memiliki 177 unit helikopter, 16 unit diantaranya adalah helikopter tempur.

Jika melihat peringkat, ternyata TNI berada di atas kekuatan Tentara Pertahanan Israel (IDF), dan Tentara Rakyat Korea Utara (KPA). Saat ini Israel menduduku peringkat 18, sementara armada militer Korea Utara (Korut) berada di urutan ke-25. Tak cuna Israel dan Korut, kekuatan TNI juga berada di atas Australia (19), Spanyol (20), dan Kanada (24).

Untuk peringkat di Asia Tenggara, TNI memiliki peringkat tertinggi dibanding Vietnam (22), Thailand (23), Myanmar (35), Malaysia (44), Filipina (48), Singapura (51), Kamboja (107), dan Laos (131).

Baca juga: Derita Tentara Wanita Korut Saat Menstruasi Sampai Digilir di Ranjang