Perbandingan Kekuatan Perang Mesir Vs Turki, Siapa Lebih Ngeri?

VIVA Militer: Kendaraan lapis baja Angkatan Bersenjata Mesir (EAF)
Sumber :
  • SouthFront

VIVA – Mesir akhirnya memastikan langkah untuk menghadapi perang melawan Turki di Libya. Instruksi Presiden Mesir, Abdel Fattah el-Sisi, untuk memerangi Turki, sudah disetujui oleh parlemen Mesir.

Dalam berita sebelumnya, VIVA Militer mengutip laporan dari Al Jazeera, menginformasikan bahwa parlemen Mesir sepakat untuk mengerahkan pasukan Angkatan Bersenjata Mesir (EAF) di Libya. Dalam pernyataannya, parlemen Mesir menyebut bahwa Turki adalah elemen teroris asing di Libya.

"Parlemen menyetujui pengerahan anggota angkatan bersenjata Mesir dalam misi tempur di luar perbatasan Mesir untuk mempertahankan keamanan nasional Mesir  terhadap milisi bersenjata kriminal dan elemen teroris asing," bunyi pernyataan parlemen Mesir.

Kedekatan antara Marsekal Khalifa Haftar, dan el-Sisi, memastikan bahwa Mesir akan menjadi sekutu Tentara Nasional Libya (LNA). Sementara itu, Turki di bawah komando Presiden Recep Tayyip Erdogan, akan tetap berada di kubu Pemerintah Kesepakatan Nasional Libya (GNA).

Mendapat julukan sebagai Raja Militer Afrika, seberapa kuat armada tempur Mesir? Kemudian di sisi lain, Turki yang sudah menyokong pasukan GNA dalam beberapa tahun terakhir, apakah mampu menandingi kekuatan militer Mesir?

Untuk mengetahui peta kekuatan militer kedua negara, VIVA Militer mencoba mencari data perbandingan dari Global Firepower. Dalam data dari situs tersebut, ternyata Mesir memiliki peringkat yang lebih baik dari Turki.

Di tahun 2020, Mesir menduduki posisi ke-9 sebagai negara yang memiliki armada militer terkuat di dunia. Dalam data itu, Mesir mencatat Indeks Kekuatan (Power Indeks) 0,1872. Sementara itu, Turki berada dua tingkat di bawah Mesir, dengan Power Indeks 0,2098.

Jika dilihat dari kekuatan personel, Mesir saat ini memiliki pasukan aktif sebanyak 440.000 prajurit aktif dan 480.000 pasukan cadangan. Sementara itu, Turki hanya memiliki 355.000 prajurit aktif dan 380.000 pasukan cadangan.

Berlanjut ke kekuatan armada tempur udara, Angkatan Udara Mesir tercatat memiliki 1.054 unit pesawat termasuk helikopter. Jumlah ini memiliki selisih tipis dengan Angkatan Udara Turki  yang punya total 1.055 unit.

Kemudian di sektor armada tempur darat, Turki juga kalah jauh dari Mesir jika dilihat dari unit artileri dan kendaraan tempurnya. Turki tercatat memiliki 2.622 tank, sementara Mesir punya 4.295 unit. Pun dengan kendaraan tempur lapis baja, Turki hanya punya 8.777 unit. Sementara Mesir memiliki 11.700 unit.

Di sektor armda tempur laut, Mesir juga lebih menonjol. Keunggulan Angkatan Laut Mesir bisa dilihat dari dua unit kapal induk, Gamal Abdul Nasser 1010 dan Anwar El Sadat 1020. Sementara, Turki tak satu pun memiliki kapal induk. Akan tetapi, Turki punya keunggulan di sektor kapal selam. Ada 12 unit kapal selam yang mendukung Angkatan Laut Turki. Sementara Mesir hanya memiliki delapan unit.

Turki juga punya jumlah kapal fregate dan kapal corvette yang unitnya lebih banyak dari Mesir. Untuk kapal frigate, Turki punya 16 unit sementara Mesir hanya tujuh unit. Untuk kapal Corvette, Turki punya 10 unit sementara Mesir hanya tujuh.

BACA: Kolonel Maulwi Saelan, Prajurit TNI yang Berani Menantang Rusia

BACA: Allahuakbar, Teriak Lantang Prajurit Kopassus TNI AD Sebelum Tewas