Mengejutkan, Amerika Mendadak Tarik 12 Ribu Tentara dari Jerman

VIVA Militer: Tentara Amerika
Sumber :
  • Military

VIVA – Pemerintah Amerika Serikat akan menarik pasukannya yang berjumlah hampir 12.000 prajurit dari Jerman. Ternyata rencana ini dilakukan Amerika untuk rencana jangka panjang yang bertujuan untuk memperkuat sisi timur NATO dalam melawan Rusia.

“Kami tidak bisa memberitahu kapan penarikan prajurit dimulai dan akan selesai, tapi yang bisa saya katakan bahwa pergerakan penarikan prajurit akan dimulai dalam beberapa minggu ini,” kata Menteri Pertahanan Amerika Mark Esper dikutip VIVA Militer dari Military Kamis 30 Juli 2020.

Esper juga mengatakan jika bulan lalu Presiden Donald Trump memerintahkan agar 9.500 prajuritnya ditarik dari Jerman. Tapi dirinya mengungkapkan bahwa strategi keseluruhan akan membutuhkan penarikan dan reposisi sebanyak 12 ribu  prajurit.

“Dengan begitu dari semua prajurit, sekitar 6.400 diantaranya akan kembali ke Amerika dan sisanya akan ditempatkan kembali di negara-negara NATO lainnya,” ujar Menteri Pertahanan Amerika.

Pertemuan Donal Trump dengan Presiden Polandia yang berlangsung Gedung Putih pada 24 Juni yang lalu, Trump mengatakan bahwa beberapa pasukan AS yang ditarik dari Jerman akan kembali ke AS dan sebagian lagi akan dikirim ke Polandia.

Namun ada juga yang berspekulasi pada saat itu bahwa beberapa pasukan yang ditarik akan dikirim juga ke wilayah Indo-Pasifik sebagai counter ke China.

“Hal itu bisa saja terjadi (pengiriman prajurit ke wilayah Indo-Pasifik), tetapi untuk saat ini tidak ada rencana untuk melakukan hal itu,” ucap Esper.

Baca: Digerebek KGB di Hotel, Tentara Bayaran Rusia Bawa Kondom