Badan Intelijen KGB Hampir Lumpuh Diserang DDos

VIVA Militer: KGB Belarus.
Sumber :
  • KGB

VIVA – Situs resmi Badan Intelijen Nasional Belarusia atau KGB nyaris saja lumpuh akibat diserang Denial of Service (DDos).

Penyerangan ke situs KGB disebutkan terjadi sejak 8 Agustus 2020 waktu setempat dan baru diketahui Minggu 9 Agustus 2020.

Dikutip VIVA militer dari kantor berita RIA, situs KGB diserang dengan DDos pada malam hari, diperkirakan mulai pukul 22.00. Gelombang serangan DDos tak hanya menyasar halaman situs bernama kgb.gov.by tapi juga komputer yang ada di kantor pusat KGB.

Badan Pusat Nasional Belarus menyatakan, serangan DDos cukup besar dan dilakukan dalam durasi satu jam sekali.

"Serangan dilakukan pada 2,52 dan 6,17, durasinya masing-masing sekitar 1 jam. Perlu dicatat bahwa nilai puncak ditetapkan sekitar 203 Gb / s, dan rata-rata 91 + 49 Gb / s," kata Badan itu.

Tak hanya itu saja, penyerangan juga membanjiri situs Kementerian Dalam Negeri dengan nama domain mvd.gov.by dengan DDos. Serangan tak hanya terjadi pada Sabtu malam saja, para penyerang terus melakukannya hingga Minggu.

Belum ada pernyataan resmi dari KGB tentang serangan DDos itu dan apa tujuan penyerangan itu. Hanya saja yang pasti saat ini kondisi Belarus memang sedang tegang jelang pemilihan presiden.

Jangankan KGB, tentara pun telah bersiaga penuh untuk mengantisipasi serangan dari kelompok yang akan mengganggu jalannya pemilihan presiden.

Perlu diketahui DDos merupakan jenis serangan yang sangat berbahaya bagi peralatan komputer atau server yang terhubung dengan jaringan internet. Cara kerjanya yaitu membanjiri lalu lintas jaringan dengan banyak data agar jaringan itu tidak bisa diakses.

Baca: Sersan Tawfiq Tewas Dibunuh Demonstran di Kerusuhan Beirut