Vaksin Corona Pertama di Dunia Disuntik ke Tubuh Jenderal Perang Rusia

VIVA Militer: Jenderal Sergey Kuzhugetovich Shoygu
Sumber :

VIVA – Panglima perang Rusia, Sergey Kuzhugetovich Shoygu, menjadi jenderal militer pertama di dunia mendapatkan vaksin anti-virus corona atau COVID-19.

Jenderal Angkatan Darat Rusia itu, mendapatkan vaksinasi COVID-19 di Taman Patriot, Moskow, Rusia.

Informasi resmi yang diterima VIVA Militer dari Kemenhan Rusia, Sabtu 5 September 2020, pria yang kini menjabat Menteri Pertahanan Rusia itu menjalani vaksinasi dengan cara penyuntikan di bagian pangkal lengan kanannya.

Vaksin yang disuntikkan ke tubuh Shoygu merupakan vaksin pertama yang terdaftar di dunia, Rusia memberi namanya Sputnik V.

Vaksin corona dimasukan ke tubuh Jenderal Shoygu saat berlangsungnya pertemuan antar petinggi Departemen Pertahanan negara-negara CIS, CSTD, SCO dan Serbia.

Memang Kementerian Kesehatan Rusia sudah menyatakan bahwa vaksin corona itu tak akan diberikan kepada semua masyarakat. Ada kelompok prioritas yang akan menjalani vaksinasi tahap pertama. Yakni tentara, wajib militer, polisi, pelajar, pekerja layanan dan pekerja perdagangan.

Vaksin Sputnik V ditemukan dari hasil penelitian yang dilakukan Lembaga Penelitian Gamaleya bekerjasama dengan Departemen Pertahanan Rusia. Penemuan vaksin ini pertama kali diumumkan Presiden Vladimir Putin pada pertengahan Agustus 2020.