Rusia Kerahkan Su-27 Untuk Hadang Pesawat Poseidon AS di Laut Baltik

VIVA Militer: Jet Tempur Rusia, Sukhoi Su-27, menghadang pesawat intai AS
Sumber :
  • Stars and Stripes

VIVA – Pusat Kontrol Pertahanan Nasional Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan, Angkatan Udara Rusia kembali menghadang atau meng-intercept pesawat mata-mata Angkatan Laut Amerika Serikat (Navy Seal) jenis Poseidon P-8A di langit Laut Baltik. 

Penghadangan dilakukan oleh sejumlah pesawat tempur jenis Sukhoi Su-27 setelah Angkatan Udara Rusia mendeteksi keberadaan pesawat asing mendekati wilayah udara Rusia pada hari Selasa, 15 September 2020.

"Awak pesawat tempur Rusia mendekati objek udara pada jarak yang aman dan mengindentifikasinya  sebagai pesawat patroli Angkatan Laut AS P-8A Poseidon dan mengawalnya di atas laut Baltik," bunyi pernyataan Kementerian Pertahanan Rusia dikutip VIVA Militer dari Sputnik News, Rabu, 16 September 2020.

Kementerian Pertahanan Rusia menambahkan, setelah berhasil mengusir paksa pesawat pengintai milik AS, jet tempur Su-27 kembali ke pangkalan udara Rusia dengan selamat.

"Moskow telah memperingatkan bahwa penerbangan reguler oleh pesawat AS dan NATO di dekat perbatasan Rusia menimbulkan risiko eskalasi yang tidak disengaja," ujarnya.

Untuk diketahui, insiden pengusiran paksa oleh Angkatan Udara Rusia terhadap pesawat militer AS bukan hanya terjadi baru kali ini saja. Dua negara itu kerap kali bersitegang di langit laut Baltik guna memperkuat batas wilayah udara mereka masing-masing.

Baca juga : Kapal Perang Rusia Bersitegang Dengan Kapal Perang AS di Laut Hitam