4 Warga Sipil Azerbaijan Tewas di Ladang Ranjau Militer Armenia

VIVA Militer: Tentara Azerbaijan menyisir ranjau
Sumber :
  • Daily Sabah

VIVA – Sebuah insiden kembali terjadi di Nagorno-Karabakh, pasca Perang Armenia-Azerbaijan berakhir. Sebuah mobil yang ditumpangi warga sipil Azerbaijan meledak akibat menginjak ranjau di Provinsi Fizuli, dan menewaskan empat orang penumpangnya, Sabtu 28 November 2020.

Dalam laporan Daily Sabah yang dikutip VIVA Militer, mobil yang ditumpangi empat warga sipil Azerbaijan itu menginjak ranjau dan meledak di Desa Ashagi Seyidahmedli, Fizuli. Otoritas Azerbaijan meyakini bahwa tentara Armenia memasang sejumlah ranjau anti-tank, saat mundur dari Nagorno-Karabakh.

"Ranjau itu ditanam oleh tentara Angkatan Bersenjata Armenia selama mereka mundur," bunyi pernyataan Otoritas Azerbaijan.

Akibat insiden ini, hubungan Azerbaijan dan Armenia kembali memanas. Pasalnya, pemasangan sejumlah ranjau dianggap sebagai provokasi jenis baru dari Armenia. Pasukan Angkatan Bersenjata Armenia dinilai sengaja memasang sejumlah ranjau agar warga sipil Azerbaijan tidak bisa kembali ke wilayah Provinsi Fizuli.

Fizuli sendiri adalah salah satu daerah yang sempat dikuasai oleh tentara Armenia, dan berhasil direbut kembali lewat pertempuran selama enam pekan terhitung sejak 27 September 2020.

Perang Armenia-Azerbaijan berhasil diakhiri berkat intervensi Rusia. Armenia, Azerbaijan dan Rusia sepakat untuk mengakhiri konfrontasi bersenjata yang sudah berlangsung sebulan lebih, dengan penandatanganan perjanjian damai pada 10 November 2020 lalu.