Laut Hitam Bergolak, Militer Rusia Gebuk Kapal Perang Kerajaan Inggris

VIVA Militer: Radar militer Rusia bidik kapal perang HMS Defender.
Sumber :
  • Kremlin

VIVA – Situasi di perairan Laut Hitam mendadak bergolak. Militer Rusia menggebuk kapal perang perusak HMS Defender milik Angkatan Laut Kerajaan Inggris alias Royal Navy.

Kementerian Pertahanan Rusia dalam siaran resminya dilansir VIVA Militer, Kamis 24 Juni 2021 menyatakan bahwa armada militer mereka di Laut Hitam telah menggebuk kapal perusak HMS Defender Royal Navy dengan cara menembakinya.

Pihak Kremlin menuturkan, tembakan terpaksa dilepaskan karena HMS Defender berlayar dengan melanggar perbatasan negara Federasi Rusia.

"Tembakan penindasan oleh Armada Laut Hitam bersama dengan Layanan Perbatasan FSB Rusia pelanggaran perbatasan negara Federasi Rusia oleh perusak HMS Defender Angkatan Laut Inggris," tulis Rusia.

Bahkan Kementerian Pertahanan Rusia telah merilis video penyergapan terhadap kapal perang HMD Defender oleh militer Rusia dan Su-24 di Laut Hitam.

Tak hanya mengerahkan kapal-kapal perang saja, Rusia juga mengerahkan pesawat tempur Sukhoi Su-24 untuk menghujani HMS Defender dengan bom-bom.

Memang tembakan dan bom-bom itu tidak mengenai badan HMS Defender, karena tembakan itu hanya bersifat menghalau kapal negara asing untuk keluar dari wilayah perairan Federasi Rusia.

VIVA Militer: Radar militer Rusia bidik kapal perang HMS Defense.

Photo :
  • Kremlin

Kremlin juga menyatakan bahwa sebelum dilepaskan tembakan dan dijatuhkan bom, militer Rusia sudah memberikan peringatan kepada awak HMS Defender. Hanya saja diklaim tidak digubris hingga diambil tindakan tegas oleh militer Rusia.

Sementara, Kementerian Pertahanan Inggris dalam siaran resminya menyatakan, menyangkal bahwa HMD Defender telah melanggar perbatasan Rusia. Malah disebutkan kapal perusak itu belayar di perairan teritorial Ukraina atau masih di wilayah lepas pantai Krimea.

"Tidak ada tembakan peringatan yang ditembakkan ke HMS Defender.  Kapal Angkatan Laut Kerajaan sedang melakukan lintas damai melalui perairan teritorial Ukraina sesuai dengan hukum internasional. Kami yakin Rusia sedang melakukan latihan meriam di Laut Hitam dan memberikan peringatan sebelumnya kepada komunitas maritim tentang aktivitas mereka. Tidak ada tembakan yang diarahkan ke HMS Defender dan kami tidak mengakui klaim bahwa bom dijatuhkan di jalannya," tulis Kementerian Pertahanan Inggris.

HMS Defender ditembaki Rusia dalam pelayaran dari Ukraina menuju negaranya. Kapal perang itu diketahui mulai meninggalkan Ukraina pada Selasa 22 Juni 2021.