Irak Memanas, Markas Militer Amerika Meledak Dibombardir Milisi Iran

VIVA Militer: Pangkalan Udara Ain Al-Assad.
Sumber :

VIVA – Situasi keamanan di Irak memanas. Markas militer Amerika Serikat yang berada di Pangkalan Udara Ain Al-Assad hancur dibombardir belasan roket.

Berdasarkan keterangan resmi Juru Bicara Militer Resmi untuk Operasi Inherent Resolve (OIR), Kolonel Wayne Marotto yang didapatkan VIVA Militer, Pangkalan udara Ain Al-Assad diserang sekira pukul 12:30 waktu setempat, Rabu 7 Juli 2021.

Tak tanggung-tanggung 14 roket mendarat mulus dan meluluhlantahkan berbagai infrastruktur militer Amerika di tempat itu. Sejumlah tentara Amerika dilaporkan terluka.

"Pangkalan Udara Ain Al-Assad diserang oleh 14 roket. Roket mendarat di pangkalan dan perimeter. Langkah-langkah pertahanan perlindungan kekuatan diaktifkan. Saat ini laporan awal menunjukkan tiga luka ringan. Kerusakan sedang dinilai," kata Kolonel Wayne Marotto.

Belasan roket itu dilepaskan dari pesawat-pesawat tanpa awak alias UAV. Sementara itu dari informasi di lokasi, terdengar empat kali ledakan besar sebelum markas militer Amerika itu hancur usai dihantam roket-roket yang diduga milik kelompok bersenjata Iran.

Milisi pro-Iran kembali disebut-sebut sebagai dari dalang penyerangan ke pangkalan militer Amerika, seiring meningkatnya suhu hubungan Washington dengan Teheran.

Sebelumnya markas besar militer Amerika Serikat di Ladang Minyak Al-Omar di Deir Ez-Zor, Suriah juga diserang. Ledakan terjadi di mana-mana. Namun, tidak menimbulkan korban jiwa.