Tegang, Video Detik-detik Jet Tempur Rusia Tabrak Drone Perang Amerika

VIVA Militer: Jet tempur Su-27 Rusia tabrak drone MQ-9 Reaper Amerika Serikat
Sumber :
  • Twitter/@Osinttechnical

VIVA – Insiden tabrakan jet tempur Sukhoi Su-27 dengan drone General Atomics MQ-9 Reaper, Selasa 14 Maret 2023, menggegerkan dunia. Sejumlah video detik-detik tabrakan terjadi, beredar di sejumlah platform media sosial.

Peristiwa itu terjadi di wilayah udara Laut Hitam, saat pesawat tanpa awak (drone) MQ-9 Reaper melakukan pengintaian. 

Keberadaan drone canggih militer Amerika Serikat (AS) itu ternyata tepantau radar Angkatan Bersenjata Federasi Rusia (VSRF). 

Seketika, militer Rusia mengirim dua jet tempur Su-27 untuk mencegat drone Amerika. Dalam video yang dirilis oleh Komando Amerika Serikat untuk Eropa (EUCOM), terlihat detik-detik insiden terjadi.

VIVA Militer: Jet tempur Su-27 Rusia tabrak drone MQ-9 Reaper Amerika Serikat

Photo :
  • Twitter/@Osinttechnical

Kamera drone merekam insiden tersebut, yang diunggah di akun Youtube resmi EUCOM, dengan durasi 42 detik.

Sebelum tabrakan terjadi, terlihat sebuah jet tempur Sukhoi Su-27 militer Rusia menyemprotkan bahan bakar pesawat dari sisi kiri drone.

Pesawat tempur buatan JSC Sukhoi Company itu kemudian melakuukan manuver cepat, dan menabrak drone MQ-9 Reaper. Seketika gambar video terputus, dan tampak berpiksel bilah warna.

Dalam laporan yang dikutip VIVA Militer dari ABC News, baling-baling belakang drone rusak dan memang jadi sasaran tabrak jet tempur Sukhoi Su-27 militer Rusia.

Sementara itu, EUCOM menyalahkan Rusia atas kejadian ini. Manuver yang dilakukan pilot jet tempur Su-27 Rusia dianggap tidak profesional dan membahayakan.