Tak Cuma Perang, Tentara Juga Harus Bisa Masak

VIVA Militer: Prajurit Yonbekpal 1 Marinir Latihan Memasak
Sumber :
  • Website TNI AL

VIVA – Sebagai masyarakat biasa, kita tentunya sudah mengetahui bahwa latihan rutin yang dijalankan seorang prajurit TNI adalah latihan menembak atau latihan ketahanan fisik lainnya. Tapi ternyata, prajurit TNI juga memerlukan latihan memasak lho.

Seperti yang dilakukan prajurit "Turangga Cakti" Batalyon Perbekalan dan Peralatan 1 Marinir (Yonbekpal 1 Mar). Dilansir dari situs resmi TNI AL Jumat 5 Juni 2020, para prajurit ini melaksanakan Latihan Perorangan Kesenjataan (LPK). 

Mereka melaksanakan kegiatan latihan memasak sebagai materi dari LPK. Prajurit ini mendirikan dapur lapangan di samping lapangan Apel gedung Mandau, Kesatrian Marinir Hartono, Cilandak, Jakarta Selatan.

Seperti biasa, sebelum memulai kegiatan para prajurit ini melaksanakan akan melaksanakan apel pagi yang dipimpin oleh Letda Marinir Budi Raharjo Danton 1 Kompi Dapur Lapangan (Durlap). Selanjutnya, para prajurit mendirikan dapur lapangan dan penyiapan bahan makanan yang akan di olah menjadi makanan siap saji. 

“Latihan ini bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan perorangan Kesenjataan untuk menyongsong tugas-tugas ke depan baik tugas operasi maupun pendukungan,” kata Letda Marinir Budi Raharjo.

Dalam rangka latihan Triwulan II (TW II), prajurit Turangga Cakti akan mempersiapkan makanan yang sudah ditentukan. Menu pada kegiatan latihan memasak kali ini adalah nasi goreng spesial dengan tambahan lele goreng, telor mata sapi dan tahu tempe.

Meski terdengar biasa saja, ternyata latihan memasak ini bertujuan untuk memanfaatkan ikan Lele dari hasil panen ketahanan pangan yang dilakukan oleh Yonbekpal 1 Mar sejak bulan Maret tahun 2020.

"Selama melaksanakan kegiatan jangan lupa untuk selalu berdoa dan mengutamakan keamanan personel dan material serta melaksanakan protokol kesehatan di saat pandemi COVID-19 seperti sekarang ini," ujarnya.