Selamat Jalan 6 Prajurit Paskhas

VIVA Militer: Komandan Pusdiklat Paskhas Kolonel Pas Anis Nurwahyudi
Sumber :
  • Paskhas TNI AU

VIVA – Setiap matra TNI tentu memiliki satuan khusus yang turut mendukung TNI ketika dihadapkan dengan peperangan. Salah satunya adalah satuan khusus dari TNI Angkatan Udara.

Satuan yang biasa dikenal sebagai Korps Pasukan Khas TNI Angkatan Udara (Kopaskhasau atau Paskhas) ini dapat terlihat dari warna baret yang dikenakannya. Pasukan ini mengenakan baret jingga sebagai penandanya.

Sejak diresmikan pada tanggal 17 Oktober 1947, satuan Paskhas ini sudah melahirkan prajurit-prajurit berkualitas guna menjaga kesatuan NKRI dari serangan musuh.

Namun, meski kesetiaan dan bhakti mereka tak dapat diragukan lagi. Tapi siapapun dari mereka tak biasa terus abadi menghabiskan hidup sebagai prajurit aktif.  Seperti halnya enam prajurit ini, mereka sudah memasuki masa purnabaktinya atau pensiun.

“Saya ucapkan terima kasih dan memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya atas pengabdian dan dedikasinya kepada Pusdiklat Paskhas selama ini. Selamat jalan dan selamat berjuang dalam pengabdian berikutnya serta tetaplah menjadi prajurit baret jingga sejati,” kata Komandan Pusdiklat Paskhas Kolonel Pas Anis Nurwahyudi yang dilansir dari situs TNI AU Senin 8 Juni 2020.

Masa purna bakti atau masa pensiun bukan berarti akhir dari pengabdian kepada Bangsa dan Negara. Walaupun tugas pengabdian telah berbeda bukan berarti status purnawirawan menjadi dinding pemisah.

Nurwahyudi juga mengungkapkan bahwa hubungan antara para purnawirawan dengan personel yang masih aktif harus tetap terjalin dengan baik. Karena purnawirawan masih termasuk dalam keluarga Besar TNI Angkatan Udara dan harus dapat menjaga nama baik di tengah-tengah masyarakat.

Prajurit Paskhas yang purna tugas di antaranya adalah Pelda Purn Dwi Purwanta, Pelda Purn Tonni, Pelda Purn Budiman, Pelda Purn Maryanto, Pelda Purn Wiyadi, dan Pelda Purn Widiasih.

Mereka mendapat kenang-kenangan dari Nurwahyudi berupa sepeda. Sehingga para prajurit ini nantinya tetap bisa aktif dengan tetap berolahraga. Penyerahan sepeda ini berlangsung di lapangan apel Pusdiklat Paskhas Lanud Sulaiman Margahayu, Bandung.

Baca: Tradisi Unik Lanud TNI AU Iswahjudi Sambut Perwira Muda