KRI Slamet Riyadi-352 Ternyata Kapal Bekas Belanda yang Dibeli RI

VIVA Militer: KRI Slamet RIyadi 352
Sumber :
  • Wikipedia

VIVA – Hr. Ms. Van Speijk F802 merupakan kapal berjenis frigate yang dimiliki oleh tentara Belanda. Kemudian pada tahun 1987, Indonesia membeli kapal ini dan berganti nama menjadi KRI Slamet Riyadi 352.

KRI Slamet Riyadi 352 merupakan kapal kedua dari kapal perang Perusak Kawal Berpeluru Kendali kelas Ahmad Yani. Kapal perang ini dibeli Indonesia untuk memperkuat TNI AL daerah Timur. Sebelum pemindahan kepemilikan, kapal ini sudah lebih dulu mengalami perombakan teknolgi.

Berdasarkan informasi yang dilansir dari berbagai sumber Senin 15 Juni 2020, kapal yang bertugas sebagai kapal patroli ini memiliki kemampuan anti-kapal permukaan, anti-kapal selam dan anti-pesawat udara. Kapal yang berbobot 2.940 ton juga mampu menampung 180 awak. 

Selain itu, KRI Slamet Riyadi 352 juga dilengkapi dengan persenjataan yang cukup modern. Diantaranya adalah 2 Senapan mesin 12,7 mm, 4 Peluru kendali permukaan-ke-udara Mistral dalam peluncur Simbad laras ganda sebagai pertahanan anti serangan udara dan masih banyak lagi.