Sosok 7 Komandan Jenderal Kopassus yang Terjun ke Politik

VIVA Militer: Tentara Kopassus
Sumber :
  • Website ABC News

VIVA – Komando Pasukan Khusus TNI AD ternyata banyak menelurkan politikus-politikus handal Indonesia lho.

Hingga saat ini saja tercatat sudah ada 7 dari 28 Komandan Jenderal alias Danjen Kopassus yang memiliki karier mentereng di dunia politik. Mau tahu siapa saja mereka?

Berikut 7 Komandan Jenderal Kopassus yang terjun ke dunia politik:

  1. Jenderal TNI (Purn) Agum Gumelar

Agum Gumelar pernah menjabat sebagai Danjen Kopassus yang ke-13. Setelah pensiun tahun 1999, ia pernah menjabat Menteri Perhubungan Indonesia yang ke-30. Agum juga tercatat pernah bergabung di Partai Golongan Karya.

  1. Jenderal TNI (Purn) Subagyo Hadi Siswoyo  

Pria kelahiran 12 Juni 1946 merupakan Danjen Kopassus ke-14 pernah menjadi Dewan Penasehat partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) pada tahun 2015-2020. Selain itu Letjen (Purn) Subagyo juga pernah menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) yang ke-20. 

  1. Letnan Jenderal TNI (Purn) Prabowo Subianto Djojohadikusumo

Selain pengalamannya di dunia militer cukup cemerlang, mantan Danjen Kopassus ke-15 ini juga dikenal dengan karirnya di dunia politik. Sampai saat ini Prabowo masih menjabat sebagai ketua umum partai Gerakan Indonesia Raya (Gerinda) yang didirikannya pada tahun 2008.

  1. Mayor Jenderal TNI (Purn) Muchdi Purwoprandjono

Lahir di Sleman 15 April 1949, Muchdi PR merupakan Danjen Kopasuss ke-16 pernah bergabung dalam partai Gerinda dengan jabatan sebagai wakil ketua umum. Namun tahun 2011 ia akhirnya memutuskan untuk pindah ke partai PPP di Solo.

  1. Mayor Jenderal TNI (Purn) Soenarko

Pria kelahiran 1 Desember1953 ini pernah mengikuti pertempuran dengan para pemberontak di Aceh. Meski tidak bergabung dengan partai-partai besar, ternyata Danjen Kopassus ke-22 kini menjabat sebagai anggota majelis tinggi Partai Nanggroe Aceh (PNA) sejak 2017.

  1. Jenderal TNI (Purn) Pramono Edhie Wibowo

Setelah menjabat sebagai Danjen Kopassus ke-23 pada tahun 2009, kemudian Pramono Edhie dilantik menjadi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) ke-27. Tapi pelantikannya menuai kontroversi karena dianggap nepotisme, Pramono Edhie merupakan ipar dari Presiden Bambang Susilo Yudhoyono. Selain itu, Pramono Edhie juga tercatat sebagai anggota dewan pembina Partai Demokrat.

  1. Letnan Jenderal (Purn) Lodewijk Freidrich Paulus

Letjen Lodewijk menjadi Danjen Kopassus ke-24 atau dan yang terbaru terjun ke dunia politik. Sampai saat ini, Ludewijk tercatat masih menjabat sebagai sekretaris jenderal Partai Golkar mulai tahun 2018.