Jokowi Lantik 750 Perwira TNI, Militer Australia Ikut Senang

VIVA Militer: Ikatan Alumni Pertahanan Indonesia-Australia
Sumber :
  • Facebook TNI AD

VIVA – Belum lama ini, Presiden Joko Widodo baru saja melantik 750 perwira TNI dan Polri dalam upacara pengambilan sumpah Prasetya Perwira (Praspa) yang berlangsung di Istana Negara.Ternyata berita pelantikan perwira TNI ini mendapat ucapan selamat dari Negeri Kanguru yang sudah lama menjalin kerjasama di bidang militer bersama Indonesia.

Ucapan selamat ini diberikan berupa video diucapkan langsung oleh Kapten Michael Kiting (Instruktur pertama Australia untuk Akademi Militer Indonesia) dan Kapten Inf Petrus Paramayudo Prabowo (Instruktur pertama Indonesia untuk Royal Military College - Duntroon).

Uniknya Kapten Michael Kiting mengucapkan selamat kepada para perwira TNI menggunakan bahasa Indonesia dan Kapten Petrus yang menggunakan bahasa Inggris. 

“Kepada taruna dan taruni yang kami cintai dan banggakan, kami mengucapkan selamat atas pelantikan kalian menjadi Letnan Dua. Pendidikan 4 tahun yang telah kalian lewati dengan dedikasi tinggi dan kami menyadari bahwa itu semua tidaklah mudah,”  kata Kapten Michael Kiting yang dikutip VIVA Militer dari akun Facebook TNI AD Rabu 15 Juli 2020.

Namun sebelum memberikan ucapan selamat Michael sempat menyinggung soal kerjasama antara Indonesia dengan Australia yang sudah terjalin sejak kemerdekaan Indonesia pada tahun 1945. 

“Perjalanan karier militer kalian baru saja dimulai. Memimpin tentara adalah tugas yang tidak mudah, namun berharga. Tidak ada yang mengatakan bahwa tugas ini akan mudah, tapi sekarang merupakan tanggung jawab kalian untuk memimpin angkatan kita di masa depan. Kami yakin kalian akan sukses,” lanjut Kapten Petrus.

Kapten Michael juga menambahkan bahwa kerjasama yang terjalin selama 75 tahun itu semakin kuat dan erat setiap tahunnya. Untuk itu Michael berharap jika para perwira muda ini dapat bekerjasama dan memperkuat kerjasama antara Indonesia dan Australia.

Untuk menutup video yang berdurasi dua menit itu, Kapten Petrus mengucapkan semoga para perwira muda ini dapat sukses dalam meniti karier militer mereka dan menantikan hasil kerja mereka yang cemerlang.