Halo
Pembaca

VIVANetworks

News

Bola

Sport

Showbiz

LifeStyle

Otomotif

Digital

Ragam

Militer

Netizen

Lintas

Informasi

Ternyata Paskhas TNI AU Adopsi dari Pasukan Elite Rusia

Selasa, 4 Agustus 2020 | 11:32 WIB
Oleh :
Foto :
  • TNI AU
VIVA Militer : Korps Pasukan Khas TNI Angkatan Udara (Korpaskhas TNI AU)

VIVA – Siapa yang tidak kenal dengan nama besar Korps Pasukan Khas TNI Angkatan Udara (Korpaskhas TNI AU). Korpaskhas TNI AU adalah sebuah unit tempur khusus atau pasukan elit yang dibentuk oleh TNI AU untuk memperkuat pertahanan dan teritorial NKRI. 

Pasukan Khas TNI AU ini memiliki spesifikasi atau tugas khusus  dalam menjalankan perannya, pasukan elit TNI AU ini merupakan pasukan penerjun payung (Paratrooper) yang dipersiapkan untuk melakukan pendaratan tempur dalam menghadapi musuh. Paskhas TNI AU merupakan pasukan pemukul yang siap diterjunkan di segala medan, baik di hutan, kota, rawa, sungai, bahkan laut untuk menumpas kekuatan musuh yang mengancam kedaulatan NKRI. 

Baca Juga

Paskhas mempunyai ciri khas tugas tambahan yang tidak dimiliki oleh satuan penerjun tempur TNI lainnya, yaitu Operasi Pembentukan dan Pengoperasian Pangkalan Udara Depan (OP3DUP), yaitu merebut dan mempertahankan pangkalan, hingga menyiapkan pendaratan pesawat dan penerjunan pasukan kawan. Sehingga, pasukan elit TNI AU ini dikenal sebagai pasukan khusus matra udara yang bertugas dalam merebut sasaran dan pertahanan objek strategis Angkatan Udara dan pertahanan udara.

Pasukan elit TNI AU ini memiliki ciri baret warna jingga, dengan lambang satuan bergambar parasut mengembang dan dua jenis senjata ringan dan berat yang menggambarkan sebagai pasukan penerjun tempur yang siap mengoperasikan berbagai jenis senjata dalam melumpuhkan target musuhnya. 

Dalam sejarahnya, Korpaskhas TNI AU pernah terlibat dalam berbagai operasi senyap, diantaranya, penumpasan pemberontakan DI/TII di wilayah Jawa Barat, Operasi Trikora memperebutkan Irian Barat tahun 1962, hingga Operasi Dwikora dengan menerjunkan pasukan ke wilayah Malaysia tahun 1964. Selain itu, Paskhas TNI AU juga terlibat dalam berbagai operasi sipil dan sebagai pasukan perdamaian dunia. 

Tentunya masyarakat Indonesia memiliki pertanyaan besar, kira-kira apa yang mendasari Presiden RI pertama Ir.Soekarno membentuk pasukan khusus penerjun payung dengan kemampuan tempur ini? 

Read more...
Topik Terkait
Saksikan Juga
Terpopuler