Pasukan Elite TNI AU Minum Empon-empon

VIVA Militer: Prajurit Paskhas 472 Makassar Minum Jamu Empon-empon
Sumber :
  • TNI AU

VIVA – Berada di tengah pandemi COVID-19 seperti saat ini mengharuskan kita untuk membatasi setiap aktivitas di luar rumah. Tentu hal ini berlaku bagi warga sipil dan tidak berlaku bagi mereka yang tergabung dalam satuan Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Untuk itu dalam menjalani kehidupan yang baru Denhanud 472 Paskhas Makassar tetap menggelar sesi latihan guna menjaga kesiapsiagaan para prajurit. Ternyata Makassar masuk dalam zona merah dalam penyebaran virus asal Negeri Tirai Bambu itu.

“Melihat penyebaran virus korona yang sedemikian cepat, sangat kecil kemungkinan untuk kita tidak tertular. Salah satu upaya yang paling ampuh untuk mengantisipasi wabah ini adalah dengan menjaga imunitas tubuh,” kata Komandan Denhanud 472 Paskhas Letkol Pas Frian Alfa Risdar dikutip VIVA MIliter dari situs TNI AU Kamis 6 Agustus 2020.

Meski harus tetap melaksanakan latihan di tengah wabah, mereka tetap mengutamakan protokol kesehatan dan selalu menjaga diri agar tidak tertular virus COVID-19 dengan meminum jamu tradisional warisan leluhur yaitu empon-empon.

Jamu empon-empon sendiri merupakan campuran dari berbagai rempah-rempah seperti kunyit, jahe, sereh, temulawak, dan sebagainya. Karena jamu yang sudah menjadi warisan leluhur itu dapat membantu memperkuat imun seorang prajurit dalam beraktivitas.

Kegiatan minum jamu di Denhanud 472 Paskhas dilaksanakan pada pagi hari sebelum melakukan latihan dan jika memungkinkan akan dilaksanakan pula meminum empon-empon setelah selesai latihan.

“Kita akan memanfaatkan lahan dalam menambah ketahanan pangan dengan menanam tanaman obat seperti jahe, kunyit, sereh, dan lainnya. Sehingga kedepannya saat membuat empon-empon kita tinggal memanen tanaman yang sudah ada,” jelas Dandenhanud 472 Paskhas.

Baca: Tragedi Beirut Bikin Militer Israel Siaga Perangi Hizbullah