Kocak, TNI AD Ajak Warga Perbatasan RI-PNG Nonton Layar Tancap

VIVA Militer: Pagelaran Layar Tancap Satgas Pamtas RI-PNG Peringati HUR RI ke 75
Sumber :
  • Puspen TNI

VIVA – Berbagai macam cara saat ini sudah mulai dipersiapkan oleh seluruh elemen bangsa Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dalam menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75 tahun yang jatuh pada 17 Agustus mendatang. 

Seperti halnya yang dilakukan oleh TNI dari Satuan Tugas (Satgas) Pengaman Perbatasan (Pamtas) RI-PNG Yonif Mekanis Raider 413 Kostrad yang saat ini tengah bertugas menjaga perbatasan Jayapura, Papua. Ratusan personil TNI penjaga perbatasan RI-PNG itu melakukan berbagai cara yang unik dengan melibatkan warga yang tinggal di wilayah perbatasan Kampung Mosso, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura untuk merayakan hari Kemerdekaan RI itu.

Satgas Pamtas RI-PNG pada hari Sabtu malam, 8 Agustus 2020 telah mengajak warga yang tinggal di sekitar pos perbatasan untuk menonton film bersama. Uniknya, nonton bersama warga Kampung Mosso itu tidak dilakukan di dalam bioskop seperti yang banyak ada di kota-kota besar, melainkan TNI AD dari Yonif Mekanis Raider 413 Kostrad itu mengajak para warga bersama-sama menonton film di layar tencap. 

Dansatgas Yonif MR 413 Kostrad, Mayor Inf Anggun Wuriyanto menyatakan, kegiatan nonton layar tancap bersama masyarakat di Distrik Muara Tami itu merupakan wujud semangat menyambut HUT kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-75. Dengan dilakukannya kegitan bersama warga itu, lanjut Dansatgas, diharapkan hubungan antara TNI yang bertugas di Pos Satgas Pamtas RI-PNG dengan masyarakat bisa semakin terjalin dengan erat.

"Selain untuk menyambut semangat HUT RI ke-75, kita juga berharap hubungan kebersamaan Pos Satgas dengan masyarakat semakin baik," kata Mayor Inf Anggun Wuriyanto dalam keterangan tertulis yang diterima VIVA Militer, Minggu, 9 Agustus 2020.

Suasana semakin pecah saat Satgas memutar film Komedi Warkop DKI Reborn, dimana dalam film tersebut mengulas kembali kisah kocak 3 komedian ternama Indonesia (Alm) Dono, (Alm) Kasino dan Indro yang saat ini masih melegenda dan terkenang oleh masyarakat, tidak terkecuali di Papua.

Sementara itu, Kepala Kampung Mosso, Agus Wefafoa, mengaku sangat senang dengan kegiatan nonton bareng masyarakat Kampung Mosso yang difasilitasi oleh TNI itu.
Menurut Agus, kegiatan nonton bersama ini sudah dinantikan oleh seluruh warga sejak lama. Menurut Agus, terakhir kegiatan serupa pernah digelar 2 tahun lalu oleh Satuan Tugas lain. 

"Kami sangat senang, sudah lama kami tidak berkumpul untuk sekedar nonton bersama Satgas di Pos ini," kata Agus Wefafoa. 

Selesai acara nonton layar tancap bersama, Dansatgas Pamtas RI-PNG, Mayor Inf Anggun juga memberikan beberapa hadiah dengan cara menguji pengetahuan anak-anak Kampung Mosso dengan memberikan pertanyaan seputar Hari Kemerdekaan RI kepada anak-anak Papua. Antusiasme masyarakat pun kembali tampak ketika Dansatgas Pamtas RI-PNG itu memberikan hadiah kepada anak-anak yang tinggal di sekitar Pos Pengaman Perbatasan RI-PNG itu. 

"Hadiah ini tidak seberapa nilainya, namun dengan kita memberikan pertanyaan seputar kemerdekaan dan tokoh besar Indonesia, dapat menumbuhkan semangat nasionalisme calon penerus bangsa," katanya.