Halo
Pembaca

VIVANetworks

News

Bola

Sport

Showbiz

LifeStyle

Otomotif

Digital

Ragam

Militer

Netizen

Lintas

Informasi

Kisah Misteri Jenazah Marsma TNI Iswahyudi Hilang di Tanjung Hantu

Rabu, 12 Agustus 2020 | 04:54 WIB
Foto :
  • Youtube
VIVA Militer: Marsma TNI (Anumerta) R. Iswahyudi

VIVA – Bangsa Indonesia akan senantiasa mengingat sosok seorang Marsekal Pertama (Marsma) TNI Raden Iswahyudi. Ya, ia adalah salah satu dari sekian banyak Pahlawan Nasional Indonesia yang punya jasa besar dalam Perang Kemerdekaan, sekaligus perintis berdirinya Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU).

Dalam data yang diperoleh VIVA Militer dari situs resmi TNI AU, Iswahyudi adalah salah satu tokoh perintis TNI AU. Bersama beberapa sosok lainnya seperti Marsekal Muda TNI (Purn.) Halim Perdanakusuma dan Marsekal Muda (Anumerta) Agustinus Adisutjipto, Iswahyudi adalah generasi awal pasukan Indonesia di matra udara.

Baca Juga

Menurut data yang dikutip VIVA Militer dari buku "Mengenal Pahlawan Indonesia" karya Arya Ajisaka (2008), Iswahyudi pernah menempuh pendidikan bidang kedokteran sebelum pada akhirnya punya ketertarikan dalam dunia penerbangan.

Iswahyudi memutuskan berhenti dari sekolah kedokteran di Surabaya pada 1941, dan mendaftar ke Sekolah Perwira Militer yang dikelola Belanda, (Militaire Luchtuaart Opleiding School), di Kalijati, Jawa Barat. Hebatnya, saat lulus ia menerima Klein Militair Brevetm atau Lisensi Pilot Junior dengan predikat terbaik.

Menjadi lulusan terbaik, Iswahyudi mendapatkan kesempatan menempuh pendidikan lanjutan ke Australia. Pergolakan yang terjadi di Indonesia membuatnya tak betah di Australia, dan ingin membantu perjuangan negaranya menentang penjajah.

Kobaran api semangat membela tanah air membuat Iswahyudi menjalani perjalanan pulang dari Australia, dengan hanya menggunakan perahu karet. Terjangan ombak Samudera Pasifik tak membuat nyali Iswahyudi ciut, hingga akhirnya berhasil pulang.

Topik Terkait
Saksikan Juga
Terpopuler