KRI Bungtomo TNI AL Tangkap 2 Kapal Ikan Vietnam di Natuna

Kapal asing Vietnam ditangkap mencuri ikan di Laut Natuna
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Kapal perang TNI Angkatan Laut, KRI Bungtomo-357 telah berhasil menangkap dua Kapal Ikan Asing (KIA) berbendera Vietnam di perairan Natuna. 

Komandan KRI Bungtomo, Kolonel Laut (P) Hendro Sugiharto menyatakan, penangkapan dua kapal asing berbendera Vietnam itu dilakukan pada hari Rabu kemarin, 12 Agustus 2020 sekitar pukul 03.00 dini hari. 

Kapal asing itu diduga telah melakukan aktifitas penangkapan cumi-cumi di wilayah perairan Indonesia. Karena kesigapan petugas TNI AL, lanjutnya, kapal perang unsur BKO Guspurla Koarmada I itu berhasil menangkap dua kapal asing berbendera Vietnam itu meski sebelumnya  sempat terjadi kejar-kejaran.

"Akhirnya kedua KIA itu berhasil diamankan KRI Bungtomo tanpa ada perlawanan. Namun mereka sempat melarikan diri dengan cara berpencar dan dengan sengaja mematikan lampu kapal," kata Kolonel Laut (P) Hendro Sugiharto melalui keterangan tertulis kepada VIVA Militer, Jum'at, 14 Agustus 2020.

Lebih jauh ia katakan, saat ini KRI Bungtomo-357 dan dua kapal penangkap ikan berbendera Vietnam dengan nomer lambung kapal BD 93212 TS dan BD 30329 TS dengan jumlah Anak Buah Kapal (ABK) termasuk nahkoda 12 orang sudah berada di Pelabuhan Faslabuh TNI AL Selat Lampa untuk dilakukan serah terima kepada Lanal Ranai.

Komandan Lanal Ranai Kolonel Laut (P) Dofir menjelaskan, untuk proses serah terima ini akan terus ditindaklanjuti hingga di pengadilan nanti. 

"Seluruh ABK dan Nahkoda akan kita bawa ke Lanal Ranai untuk proses lebih lanjut guna penanganan dan proses hukum penyidikan dan pemberkasan guna kita limpahkan ke Pengadilan Perikanan," kata Danlanal Ranai Kolonel Laut (P) Dofir.

Baca : Amerika Ngamuk Gara-gara Turki Uji Coba S-400 Mensasar Jet F-16