Hebat, Pasukan Tengkorak Kostrad TNI Berhasil Tembus Goa Baliem Papua

VIVA Militer: Pasukan Satgas Yonif Para Raider 305/Tengkorak Kostrad
Sumber :
  • Satgas Yonif Para Raider 305/Tengkorak Kostrad

VIVA – Sungguh luar biasa, prajurit Satuan Tugas Batalyon Infanteri Para Raider 305/Tengkorak/17/1 Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad) TNI baru saja menciptakan sejarah baru bagi kedaualatan NKRI.

Pasukan Satgas Yonif Para Raider 305/Tengkorak Kostrad berhasil menembus hutan belantara hingga bisa sampai ke Distrik Goa Baliem, Kuyawage, Kabupaten Lannyjaya, Papua.

Dalam siaran resmi dalam format video yang dilansir VIVA Militer dari Penerangan Kostrad, Minggu 6 September 2020, disebutkan bahwa pasukan Tengkorak 305 merupakan prajurit TNI pertama yang bisa menembus masuk ke wilayah terpencil ini.

Distrik Goa Baliem bukan wilayah desa yang dekat dengan perkotaan, wilayah ini berada di pedalaman pegunungan tengah Papua. Untuk bisa mencapai lokasi dibutuhkan perjuangan yang amat berat, sebab medan menuju lokasi sangat berat.

Pasukan Tengkorak 305 harus naik turun gunung, keluar masuk hutan, menyeberangi sungai dan di bawah ancaman kelompok bersenjata OPM.

Setiba di distrik ini, pasukan Tengkorak dari Kompi Alap-alap langsung mendirikan pos keamanan dan berbagai fasilitas umum. Salah satunya adalah pembangunan pasar tradisional yang diberi nama Pasar Merah Putih 305.

"Tujuan pasukan Tengkorak ke tempat ini adalah untuk menjaga kedaulatan NKRI, stablitas keamanan serta membantu mengatasi kesulitaan kehidupan masyarakat," kata Komandan Satgas Yonif Para Raider 305/Tengkorak Kostrad, Mayor Inf Fajar Akhirudin.

Menurut Mayor Fajar, pendirian pasar sangatlah penting untuk menggerakkan roda perekonomian masyarakat setempat. Selama ini masyarakat menjual hasil buminya ke wilayah Wamena.

Sebelumnya Distrik Goa Baliem sangat mencekam, masyarakat terus dihantui ketakutan atas kehadiran para milisi bersenjata dari TPNPB OPM. Namun dengan kehadiran pasukan Tengkorak, semua ketakutan itu kini sirna.