Pasukan Marinir Koarmada I Renang Arungi Laut Jakarta

VIVA Militer : Satmar Koarmada I latihan renang arungi laut Jakarta
Sumber :
  • Dispen TNI AL

VIVA – Satuan Marinir (Satmar) Koarmada I memiliki cara lain untuk menjaga stamina di tengah pandemi COVID-19 yang kini menghantui masyarakat dunia. Prajurit yang mendapatkan julukan Hantu Laut itu lebih memilih untuk menjaga stamina tubuh dengan cara melaksanakan latihan renang laut selama tujuh hari yang dilakukan sejak tanggal 14 - 22 September 2020. Kegiatan latihan renang mengarungi laut Jakarta itu dilakukan di markas Komando Pasukan Katak (Kopaska), Dermaga Sunda Pondok Dayung, Jakarta Utara.

Komandan Satuan Marinir Koarmada I, Kolonel (Mar) Arinto Beny Sarana menyatakan, latihan renang laut ini dilakukan untuk memelihara serta meningkatkan kemampuan, kemahiran dan keterampilan personel Satmar Koarmada I dalam melaksanakan problem laut, khususnya latihan pengintaian di laut.

“Adapun materi latihan ditujukan dalam rangka meningkatkan profesionalisme prajurit Satmar Koarmada I yang diarahkan dalam bentuk peningkatan kemampuan, keterampilan dan keahlian personel guna mendukung kesiapan operasional berupa renang laut tanpa alat, renang laut menggunakan alat, teknik mengapung di air (Water Trappen), dan P3K di laut,” kata Dansatmar Koarmada I, Kolonel (Mar) Arinto Beny Sarana dalam keterangan tertulis yang dikutip VIVA Militer, Kamis, 17 September 2020.

Dia menambahkan, latihan yang diselenggarakan di tengah pandemi COVID-19 ini, selain dilakukan untuk melatih kemahiran prajurit TNI AL juga dilakukan untuk meningkatkan stamina serta menjaga kesehatan para personil Satmar Koarmada I.

Karena sebelum pelaksanaan kegiatan renang, lanjutnya, seluruh prajurit yang terlibat melaksanakan pemeriksaan kesehatan untuk mengetahui kondisi tubuh seperti pengecekan tekanan darah dan suhu tubuh.

"Diharapkan setelah latihan ini anggota Satmar Koarmada I dapat lebih menguasai dan mahir dalam pelaksanaan renang laut sehingga dapat diaplikasikan dalam menunjang penugasan di lapangan," ujarnya.

Baca juga : Komandan Marinir dan Kepala Bakamla Duel Adu Tembak