Marinir TNI AL Tidak Hanya Jago di Laut, Tapi Juga Handal di Darat

VIVA Militer : Pasukan Yonif 5 Marinir TNI AL latihan penguasaan wilayah daratan
Sumber :
  • Dispen Kormar TNI AL

VIVA – Pasukan Korps Marinir TNI Angkatan Laut terus menerus mengasah kemampuannya sebagai pasukan elit TNI AL. Setiap prajurit Marinir dituntut agar tidak hanya jago di air atau di laut saja, tapi mereka juga harus handal di daratan.

Hal itu ditunjukkan oleh para prajurit Petarung Batalyon Infanteri 5 Marinir di Malang Selatan, Jawa Timur. Mereka melaksanakan latihan Patroli Sektor di daerah latihan Pusat Latihan Tempur Korps Marinir (Puslatpurmar) 4 Purboyo, Malang, Jawa Timur pada hari Jumat kemarin, 18 September 2020.

Komandan Batalyon Infanteri 5 Marinir Letkol Marinir Supriyadi menyatakan, patroli sektor yang di daerah Malang Selatan itu merupakan rangkaian dari program pembinaan satuan Brigif 2 Marinir yaitu Latihan Satuan Lanjutan (LSL) I TW II TA.2020 Aspek Laut dan Darat.

Dia menjelaskan, tujuan latihan patroli sektor dilakukan untuk meningkatkan serta mengasah naluri tempur prajurit Yonif 5 Marinir agar tetap terpelihara pada saat melaksanakan penugasan di daerah operasi.

"Dengan diselenggarakannya latihan ini, diharapkan prajurit mampu meningkatkan kemampuan dan kualitas bertempur, sehingga dapat menunjang pelaksanaan tugas pokok guna menghadapi tantangan tugas di masa yang akan datang," kata Letkol (Mar) Supriyadi dikutip VIVA Militer dari Dispen Kormar, Sabtu, 19 September 2020.

Sebagaimana diketahui, Korps Marinir TNI AL yang mendapat julukan Hantu Laut itu merupakan pasukan elit TNI AL yang memang dibuat khusus untuk menaklukkan berbagai medan tempur. Dia memiliki kemampuan melakukan pengintaian baik di laut maupun di daratan. 

Negara kepulauan seperti Indonesia yang memiliki puluhan ribu pulau dan bentangan bibir pantai yang sangat luas, maka keahlian serta kemahiran tempur pasukan Korps Marinir sangat diandalkan. Sebab, dalam sebuah operasi peperangan di negara kepulauan seperti Indonesia, kemampuan pendaratan dengan target merebut pertahanan lawan sangat diperlukan. 

Hal serupa digambarkan dalam Latihan Satuan Lanjutan (LSL) I TW II TA.2020 Aspek Laut dan Darat yang dilaksanakan di daerah latihan Malang Selatan. Sejumlah prajurit Marinir dengan sigap dan cekatan menyusup di kawasan hutan. Dengan dilengkapi peralatan tempur lengkap seperti senjata lars panjang dan teknik operasi pengintaian tinggi, mereka mampu merebut dan menguasai sebuah wilayah yang sebelumnya telah dikuasai oleh kekuatan musuh.