UGM Ungkap Temuan Alat Pendeteksi COVID-19 Baru ke Jenderal TNI Andika

VIVA Militer : KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa di Universitas Gajah Mada (UGM)
Sumber :
  • Dispen TNI AD

VIVA – Upaya seluruh elemen bangsa Indonesia dalam memutus mata rantai penyebaran Virus Corona atau COVID-19 tidak pernah berhenti.

Baru-baru ini, Universitas Gajah Mada (UGM) D.I. Yogyakarta berhasil menemukan penelitian terbarunya terkait dengan alat pendeteksi COVID-19 yang dinamakan GeNose.

Hasil temuan alat terbaru pendeteksi COVID-19 yang berbasiskan dari tiupan napas itu disampaikan para peneliti UGM yang dipimpin oleh dr.Kuwat Triyana kepada Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa ketika melakukan kunjungan kerjanya ke UGM Yogjakarta.

Tim Invertor Peneliti UGM dr.Kuwat Triyana menjelaskan kepada Jenderal Andika, bahwa cara kerja GeNose adalah mengambil napas yang dihembuskan oleh pasien dengan menggunakan media kantong plastik.

Baru kemudian dari napas yang berada di kantong plastik itu dipompa ke sensor khusus untuk mendeteksi apakah seseorang itu positif terinfeksi COVID-19 atau tidak.

Bahkan, dr.Triyana meyakinkan kepada Jenderal Andika, bahwa temuan terbarunya itu memiliki tingkat akurasi hingga 97 persen.

“Kami coba untuk jelaskan prinsip kerjanya, seperti ini bapak kita ambil pakai kantong plastik kemudian ini kita ganti, nanti tinggal disedot menggunakan pompa masuk ke ruang sensor, nanti ruang sensor ini yang ada di dalam ini yang nanti akan mensensing gas-gas yang keluar dari napas tadi, jika kalau kita simpulkan sebenarnya untuk cara ini secara ilmiah bisa pastikan akurasinya bisa sampai 97%,” kata dr.Kuwat Triyana dikutip VIVA Militer, Senin, 21 September 2020.

Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa pun merespons baik ajakan kerja sama dari pihak Universitas Gadjah Mada itu. Dia mengaku sangat mengapresiasi kerja keras yang telah dilakukan oleh Tim penelitian UGM tersebut. 

Menurut Kasad, tingkat penyebaran virus COVID-19 di Indonesia sudah sangat mengkhawatirkan. Sehingga, diperlukan kerja sama dari berbagai pihak untuk melakukan pencegahan dan penanganan COVID-19 di Indonesia. 

Jenderal Andika juga menegaskan TNI Angkatan Darat siap mendukung segala bentuk inovasi untuk penanganan pandemi COVID-19 di Indonesia, termasuk membantu Tim Inventor Penelitian COVID-19 UGM untuk menyempurnakan temuannya itu.

“Uji diagnostik dengan uji klinis apa yang bisa kami bantu, misalnya dibutuhkan rumah sakit kami siap bantu, pokoknya kita dukung lebih cepat lebih bagus karena waktu ini kita urgen sekali, tanpa mem by pass tadi multi central kita penuhi toh kami punya fasilitas perizinan segala macam akan lebih mudah, saya pendukung inventions apapun,” kata Jenderal TNI Andika Perkasa.

Baca juga : Jenderal TNI Andika Pantau Ketat Penerimaan Taruna Akmil 2020