Pasukan Marinir TNI Tembak Jatuh 2 Pesawat Tempur Musuh di Kupang

VIVA Militer: Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) VII
Sumber :
  • Marinir

VIVA – Prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI) dari Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) VII, berhasil menembak jatuh dan menghancurkan dua pesawat tempur musuh di langit Kupang, Nusa Tenggara Timur.

Berdasarkan siaran resmi Korps Marinir TNI yang dilansir VIVA Militer, Kamis 24 September 2020, kedua pesawat tempur itu ditembak jatuh pasukan Yonmarhanlan VII, saat menerobos masuk ke wilayah pertahanan udara Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) VII.

Pasukan bergerak cepat ketika mendeteksi aktivitas kedua pesawat tempur itu, dan akhirnya Baterai Artileri Pertahanan Udara (Arhanud) Yonmarhanlan VII berhasil tembak jatuh dan hancurkan pesawat tempur musuh tersebut.

Kegiatan ini merupakan latihan Pertahanan Udara Yonmarhanlan VII dalam latihan gabungan Pertahanan Pangkalan Lantamal VII Triwulan III Tahun 2020 di Mako Lantamal VII Bolok Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur.

Latihan itu melibatkan semua jajaran Lantamal VII, mulai dari Yonmarhanlan VII, Detaseman Markas (Denma), Polisi Militer, Satuan Patroli hingga Rumah Sakit TNI AL Samuel J. Moeda.

Dalam latihan itu tak cuma dilakukan gerak cepat melumpuhkan pesawat musuh saja. Tapi juga beberapa materi lain di antaranya penanggulangan huru hara, sabotase laut, pertahanan udara, evakuasi kebakaran serta penanganan medis dan tawanan.

Baca: Sangar, Dua Batalyon Pasukan Elit Raider TNI Tiba di Papua