4 Hari Terobos Rimba Papua, Prajurit TNI Berhasil Masuk ke Molof

VIVA Militer: Satuan Tugas Yonif 312/Kala Hitam ke Molof.
Sumber :
  • Yonif 312/Kala Hitam

VIVA – Prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI) dari Batalyon Infanteri 312/Kala Hitam, berhasil masuk ke salah satu perkampungan di pedalaman Papua. Kampung itu bernama Molof, letaknya di Distrik Senggi, Kabupaten Keerom, Provinsi Papua.

Menurut laporan tertulis Komandan Satuan Tugas Yonif 312/Kala Hitam, Letnan Kolonel Dedy Ariyanto, dilansir VIVA Militer, Jumat 25 September 2020, perjalanan menuju ke Molof bukan pekerjaan mudah.

Bayangkan saja, prajurit TNI hari menyusuri hutan belantara Papua, selama tiga sampai empat hari, dengan kondisi medan yang sangat berat.

Perjalanan menuju Molof hanya bisa dilakukan dengan berjalan kaki di tengah rimba yang lebat dan tropis. Tak jarang para prajurit yang jatuh terperosok ke lubang akibat akses jalan yang sudah terputus.

Belum lagi prajurit TNI juga membawa perbekalan, senjata dan paket-paket sembako yang akan diserahkan ke warga di Kampung Molof.

"Kami tidak melihat berapa jauh jarak yang ditempuh, prinsipnya kami ingin memastikan seluruh warga yang ada di wilayah binaan kami dapat menerima bantuan yang kami berikan," ujar Dedy.

Sementara itu, menurut pimpinan tim Kapten Puriadi Mahdan, rute terberat yang harus di lalui Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan RI-PNG itu ialah, mereka harus menyeberangi sungai yang belum ada jembatannya.

"Salah satu tantangan terberat adalah ketika kami harus melewati aliran sungai tanpa jembatan, di mana kami harus menyeberang dengan bertumpu pada pohon-pohon yang hanyut terbawa arus sungai," kata Puriadi.

Setelah menempuh perjalanan panjang yang melelahkan dan penuh dengan rintangan yang mengancam nyawa, akhirnya prajurit Yonif 312/Kala Hitam sampai juga di kampung itu.

"Kegiatan yang kami lakukan di kampung Molof ini dimulai dengan mengadakan gotong royong membersihkan gereja, membagikan paket sembako kepada warga, dan melakukan pemeriksaan kesehatan gratis kepada warga," kata Puriadi.

Dan yang paling membanggakan, tim Yonif 312/Kala Hitam merupakan pasukan TNI pertama yang tiba di kampung itu, setelah bertahun-tahun tak tersentuh pihak lain.