Komandan Jenderal Kopassus Resmi Menyandang 2 Bintang Emas TNI

VIVA Militer: Kenaikan pangkat Danjen Kopasuss di Mabes TNI.
Sumber :

VIVA – Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus (Kopassus) Tentara Nasional Indonesia, Mohammad Hasan resmi menyandang dua bintang di pundaknya setelah mendapatkan kenaikan pangkat dari Brigadir Jenderal menjadi Mayor Jenderal.

Dalam siaran resmi yang diterima VIVA Militer, Jumat 25 September 2020, kenaikan pangkat itu dilangsungkan di Markas Besar TNI">TNI di Cilangkap, Jakarta Timur,  langsung dipimpin Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

Selain Mayjen Mohammad Hasan, ada 18 perwira tinggi TNI lainnya yang juga mendapatkan kenaikan pangkat.

Mayjen Mohammad Hasan resmi menjabat Danjen Kopassus yang ke-32 menggantikan Mayjen I Nyoman Cantiasa pada 10 September 2020, serah terima tongkat komando dilangsungkan di di markas korps berat merah di Cijantung, Jakarta Timur.

Pergantian jabatan itu mengacu berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto Nomor Kep/666/VIII/2020 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia yang dikeluarkan pada tanggal 26 Agustus 2020.

Sementara, Mayjen I Nyoman Cantiasa dipindah tugas ke Papua Barat, untuk menjabat Panglima Komando Daerah Militer (Kodam) XVIII/Kasuari yang ketiga.

Brigjen Mohammad Hasan bukan orang baru di korps baret merah. Sebelumnya, dia merupakan wakil dari Mayjen I Nyoman Cantiasa. Dia mulai menjabat Wakil Danjen Kopassus ke-31 sejak 22 Januari 2019.

Pria kelahiran Bandung, Jawa Barat, 49 tahun lalu itu merupakan lulusan Akademi Militer 1993. Sejak awal terjun ke dunia militer, beliau sudah berdarah Kopassus karena memulainya sebagai prajurit satuan Infanteri Kopassus.

Kariernya di militer dihabisinya bersama Kopassus. Dia pernah menjabat sebagai Komandan Unit Grup 1/Para Komando Kopassus; Komandan Peleton Grup 1/Para Komando Kopassus; Komandan Kompi Grup 1/Para Komando Kopassus; Kepala Seksi Intel Grup 1/Para Komando Kopassus.

Lalu pada 2013 dia menjabat Wakil Asisten Personel Komandan Jenderal Kopassus; kemudian Wakil Komandan Grup 2/Sandi Yudha Kopassus Kandang Menjangan, Kartasura hingga tahun 2014; dan Wakil Danjen Kopassus 2019-2020.

Selain itu, beliau juga pernah menjabat sebagai Komandan Batalyon Infanteri Raider Khusus 114/Satria Musara pada 2009 hingga Asrena Paspampres (2014-2016), kemudian menjabat Asrena Paspampres dari 2014 hingga 2016 dan Komandan Grup A Paspampres mulai 2016 hingga 2018.

Brigjen Mohammad Hasan bukan orang kantoran, dia pernah dilibatkan dalam tiga operasi besar TNI, mulai Operasi Timor Timur 1995, Operasi Irian Jaya 1999 dan Operasi Nemangkawi 2019.

Baca: Jenderal Negara Islam Telah Tunduk pada Israel, Palestina Dalam Bahaya