Halo
Pembaca

VIVANetworks

News

Bola

Sport

Showbiz

LifeStyle

Otomotif

Digital

Ragam

Militer

Netizen

Lintas

Informasi

Ritual Pasukan Tengkorak Kostrad TNI Sebelum Tembus Goa Baliem Papua

Selasa, 29 September 2020 | 08:08 WIB
Foto :
VIVA Militer: Pasukan Satgas Yonif Para Raider 305/Tengkorak Kostrad

VIVA – Pada awal September 2020, prajurit dari Batalyon Infanter Para Raider Lintas Udara 305/Tengkorak,Brigade Infanteri Lintas Udara 17/Kujang I, Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad) TNI berhasil mengukir sebuah raihan yang luar biasa dalam Operasi Pengamanan Perbatasan Indonesia-Papua Nugini.

Prajurit Yonif 305/Tengkorak, menjadi batalyon TNI yang pertama kali bisa masuk ke Distrik Goa Baliem, Kuyawage, Kabupaten Lannyjaya, Papua.

Baca Juga

Distrik Goa Baliem bukan wilayah desa yang dekat dengan perkotaan, wilayah ini berada di pedalaman pegunungan tengah Papua. Untuk bisa mencapai lokasi dibutuhkan perjuangan yang amat berat, sebab medan menuju lokasi sangat berat.

Selama berhari-hari pasukan Tengkorak 305 harus naik turun gunung, keluar masuk hutan, menyeberangi sungai dan di bawah ancaman kelompok bersenjata OPM.

Pasukan yang berhasil melaksanakan tugas berat ini adalah prajurit dari Kompi Alap-alap yang dipimpin langsung oleh Komandan Satuan Tugas Pamtas Yonif 305/Tengkorak, Mayor Infanteri Fajar Akhirudin.

Di wilayah itu mereka berhasil membuat fasilitas umum penunjang perekonomian masyarakat, salah satunya ialah pendirian pasar tradisional yang diberinama Pasar Merah Putih 305.

Topik Terkait
Saksikan Juga
Terpopuler