Laksma TNI Mohammad Zaenal Kerahkan 250 Pasukan Aksi Santun COVID-19

VIVA Militer : TNI AL masuk pasar sosialisasi protokol kesehatan COVID-19
Sumber :
  • Dispen TNI AL

VIVA – Laksamana Pertama (Laksma) TNI Mohammad Zaenal yang beberapa waktu lalu baru menjabat Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) V Surabaya langsung melakukan gebrakan. 

Mantan Kapuspenal TNI itu mengerahkan pasukan TNI AL untuk berkeliling pasar di tengah pandemi COVID-19 untuk memberikan sosialisasi kepada para pedagang dan para pengunjung pasar agar dapat menerapkan protokol kesehatan untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di Surabaya, Jawa Timur.

Pasukan Lantamal V tidak bergerak sendirian, mereka bergerak bersama pasukan TNI dari Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) V, dalam Satuan Tugas Pendisiplinan Protokol Kesehatan Covid-19 Lantamal V, BKO Kodam V Brawijaya di wilayah Surabaya.

Komandan Lantamal V Surabaya Laksamana Pertama TNI Mohamad Zaenal, saat melaporkan perkembangan kondisi terkini di wilayah kerjanya kepada Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono menyatakan, dalam upaya pencegahan dan penanggulangan Covid-19 di wilayah tanggung jawabnya, saat ini Komandan Lantamal V bertindak sebagai Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) Pelabuhan, yang berada di bawah Komando Tugas Gabungan Terpadu (Kogasgabpad) serta di bawah Kogabwilhan II.

“Lantamal V telah mengerahkan 250 personel untuk melakukan 'Aksi Santun' dalam mendukung Satuan Tugas Penanggulangan Covid-19 yang tersebar di wilayah Surabaya Utara, Surabaya Timur hingga Pelabuhan Surabaya," kata Laksma TNI Mohammad Zaenal dalam keterangan yang dikutip VIVA Militer, Senin, 19 Oktober 2020.

Asops Danlantamal V Kolonel Laut (P) Bimo Sutopo, saat meninjau langsung pelaksanaan Satgas di wilayah Surabaya menyampaikan, agar seluruh prajurit tetap melaksanakan tugas dengan berpedoman kepada protokol kesehatan, dimana harus tetap melaksanakan Physical Distancing, menggunakan masker serta menjaga kebersihan diri karena dihadapkan dengan situasi Pandemi Covid-19.

Senada dengan itu, Danyonmarhanlan V Letkol Marinir Andi Ichsan, yang juga turut meninjau pelaksanaan Satgas di lapangan menekankan kepada prajurit yang tergabung dalam Satgas, agar tetap humanis saat memberikan himbauan pada masyarakat.