Perketat Perbatasan Malaysia, Kostrad TNI Siapkan Batalyon Maleo 16

VIVA Militer: Batalyon Artileri Pertahanan Udara Sedang 16/Maleo
Sumber :
  • Kostrad

VIVA – Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad) Tentara Nasional Indonesia (TNI) bersiap mengerahkan pasukannya untuk memperketat keamanan di perbatasan Indonesia dengan Malaysia.

Berdasarkan siaran resmi yang dilansir VIVA Militer dari Penerangan Kostrad TNI, Rabu 21 Oktober 2020, Kostrad menyiapkan satu batalyon dengan total personel 450 orang untuk dikerahkan sebagai Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-Malaysia 2020.

Lalu, pasukan dari mana yang disiapkan Kostrad. Ternyata Kostrad akan memberangkatkan pasukan dari Batalyon Artileri Pertahanan Udara Sedang 16/Maleo alias Maleo 16.

Persiapan pemberangkatan sedang digelar dimulai dari apel pembekalan latihan penyiapan pratugas di markas Maleo 16 di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan.

Apel pembekalan dipimpin Wakil Asisten Operasi Kepala Staf Divisi Infanteri 3 Kostrad, Letnan Kolonel Rully Nuryanto.

Disebutkan, kegiatan pembekalan latihan kesiapan pratugas akan dilaksanakan selama tujuh hari dimulai dari tanggal 21 sampai 27 Oktober 2020, yang dipimpin langsung Komandan Batalyon Arhanud 16 Kostrad, Mayor Arh Drian Priyambodo.

Cukup banyak tahapan pembekalan yang akan dilalui 450 prajurit Maleo 16 sebelum mereka benar-benar diterjunkan ke medan operasi, menjaga kedaulatan Indonesia.

Baca: Sosok Kolonel TNI Pemberani Peredam Amukan Demonstran ke Polisi