Jenderal TNI Andika Perkasa Pimpin Sertijab 3 Pangdam Sekaligus

VIVA Militer: Kasad pimpin Sertijab 3 Pangdam sekaligus di Mabesad
Sumber :
  • Dispenad

VIVA – Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa pada hari Senin kemarin, 23 November 2020 telah memimpin Acara Serah Terima Jabatan (Sertijab) terhadap tiga Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) sekaligus di Markas Besar Angkatan Darat (Mabesad), Jakarta Pusat.

Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat (Kadispenad) Brigadir Jenderal TNI Nefra Firdaus menyatakan, tiga jabatan strategis Pangdam yang baru diisi adalah Pangdam I/Bukit Barisan, Pangdam Iskandar Muda, dan Pangdam IX/Udayana.

"Sertijab di tingkat Kotama yaitu, Pangdam I/BB kini dijabat Mayjen TNI Hassanudin, Pangdam IM dijabat Mayjen TNI  Achmad Marzuki, dan jabatan Pangdam IX/Udy diamanahkan Kasad kepada mantan Danpaspampres, Mayjen TNI Maruli Simanjuntak," kata Brigjen TNI Nefra Firdaus dalam keterangan resminya, Selasa, 24 November 2020.

Sementara, mantan Pangdam I/BB, Mayjen TNI Irwansyah dan mantan Pangdam IX/Udy, Mayjen TNI Kurnia Dewantara yang juga hadir dalam Sertijab tersebut akan menjadi Pati Mabes TNI AD. Karena keduanya akan segera memasuki masa purna tugas dari kedinasan TNI (pensiun).

Selain itu, lanjut Kadispenad, dalam kesempatan tersebut, Jenderal TNI Andika Perkasa juga mengangkat dua Perwira Tinggi TNI AD lainnya, yaitu Mayjen TNI dr. Albertus Budi Sulistya yang sebelumnya menjabat Kapuskesad, kini menempati jabatan Ka RSPAD Gatot Soebroto. Dan, posisi Kapuskesad kini diisi oleh Brigjen TNI dr. Budiman yang sebelumnya menjabat Kapusrehab Kemhan RI.

Untuk diketahui, Sertijab sejumlah Perwira Tinggi TNI itu juga diikuti dengan penandatanganan berita acara serah terima jabatan Ketua Persit KCK Daerah maupun Ketua Persit KCK Cabang oleh masing-masing Ketua Persit yang melaksanakan serah terima.

Kemudian dilanjutkan dengan penerimaan Laporan Korps Kenaikan Pangkat dari tiga orang Pati TNI AD lainnya, yakni Irjenad Letjen TNI Benny Susianto, Pa  Sahli  Tk II LH Sahli Bid Wassus dan LH Panglima TNI Brigjen TNI Saturninus Aldian G, serta Dandenma Mabes TNI Brigjen TNI Haris Sufi Anwari.

Baca juga: Wapres Mau Bertemu HRS, Mantan KSAU: Bisa Besar Kepala Rizieq Nanti