Anak Buah Kolonel Inf Luqman Rela Kucurkan Darahnya untuk Pasien COVID

VIVA Militer: Prajurit Kodim 0501/JP BS gelar donor darah
Sumber :
  • Pen. Kodim 0501/JP BS

VIVA – Tidak ada kata menyerah bagi Tentara Nasional Indonesia (TNI) untuk mengabdikan dirinya kepada bangsa dan negara. Seperti halnya yang dilakukan oleh prajurit TNI AD dari satuan Kodim 0501 Jakarta Pusat. Hari ini, Mereka rela mengucurkan darahnya melalui aksi donor darah di Markas Kodim, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Kegiatan donor darah itu dilakukan guna membantu Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto dalam mengatasi minimnya persediaan darah dalam penanganan kasus COVID-19.

Dandim 0501/JP BS Kolonel Inf Luqman Arief mengatakan, proses pengambilan (donor) darah diambil dari anggota prajurit dan PNS, Mitra Jaya Kodim dan Wanra.

"Donor darah ini dilaksanakan secara sukarela yang nantinya akan disimpan sebagai stok darah untuk kemudian digunakan dalam transfusi darah bagi yang membutuhkannya termasuk pasien yang mungkin dinyatakan positif COVID-19," kata Dandim Jakarta Pusat, Kolonel Inf.Lukman Arief, Rabu, 20 Januari 2021.

Menurut Dandim, dalam kondisi pandemi COVID-19, pihaknya terus berupaya bersama-sama dengan Kepolisian dan Pemerintah daerah mengintensifkan penanganan protokol kesehatan.

"Dalam kondisi pandemi Covid-19, kami akan terus berupaya untuk melakukan hal positif dan bermanfaat bagi masyarakat, salah satu cara yang kami pilih adalah dengan aksi donor darah," ujarnya.

Untuk diketahui, donor darah yang digelar oleh Kodim Jakarta Pusat itu melibatkan petugas RSPAD Gatot Soebroto yang dipimpin oleh dr. Dentiana J. Donor darah kali ini berhasil mendapatkan 50 kantung darah dan langsung didistribusikan ke RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat.

Baca juga: Instruksi Brigjen TNI Achmad Fauzi Tangani Korban Banjir Bandang Bogor