Tiba di Indonesia, 186 TNI yang Tugas di Lebanon Langsung Sujud Syukur

VIVA Militer: 186 Satgas TNI Konga UNIFIL sujud syukur tiba dari Lebanon
Sumber :
  • Puspen TNI

VIVA – Rasa haru mengiringi kedatangan 186 personel Satgas TNI Konga United Nations Interim Force in Lebanon (UNIFIL) Chalk 3 Tahun 2019 yang tadi pagi mendarat di Bandara Internasional Soekarno Hatta.

Prajurit TNI di bawah pimpinan Kolonel Inf Leonardo Sebastian itu langsung sujud syukur di Apron Bandara Internasional Soekarno Hatta sebagai bentuk terima kasih kepada Tuhan YME atas karunia yang diberikan selama bertugas menjalankan misi perdamaian satu tahun lebih di Lebanon.

Kedatangan prajurit TNI Kontingen Garuda itu langsung disambut oleh Komandan Pusat Siaga Operasi Pemeliharaan Perdamaian (PSOPP) PMPP TNI Kolonel Adm Nanang F.Surya di Bandara Soekarno Hatta.

Kemudian, seluruh personel Satgas UNIFIL itu langsung diberangkatkan menuju Hotel Grand Mercure Kemayoran, Jakarta Pusat untuk menjalani karantina selama 5 hari ke depan sesuai dengan protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Photo :
  • Puspen TNI

Setibanya di Grand Mercure, Jakarta Pusat, Satgas Kontingen Garuda disambut hangat oleh Komandan Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian (PMPP TNI) Mayjen TNI Victor H. Simatupang bersama Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurrahman.

Komandan PMPP TNI Mayjen TNI Victor Simatupang mengucapkan selamat datang kepada seluruh prajurit pengemban misi perdamaian dunia di Tanah Air. Menurut Komandan PMPP TNI, tugas yang diemban Kontingen Garuda di luar negeri sangat sarat dengan misi kebangsaan, karena tugas tersebut tidak hanya terkait aspek militer, tetapi juga aspek politik, diplomasi maupun budaya.

"Prajurit TNI yang tergabung dalam Satgas Misi Perdamaian bukan hanya merepresentasikan TNI saja melainkan sebagai duta bangsa," kata Mayjen TNI Victor H.Simatupang di Hotel Grand Mercure, Jakarta Pusat, Rabu, 20 Januari 2021.

Untuk diketahui, 186 personel Satgas Kontingen Garuda UNIFIl yang tiba di Tanah Air hari ini terdiri dari 172 personel Satgas Indobatt, dua personel Satgas Military Police Unit (MPU), satu personel Satgas Hospital, dan 11 personel Milstaff Seceast.

Baca juga: Instruksi Brigjen TNI Achmad Fauzi Tangani Korban Banjir Bandang Bogor