Begini Cara Jenderal Bintang Dua Kopassus Solidkan Pasukan di Papua

VIVA Militer: Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono
Sumber :
  • Youtube

VIVA Papua akhir-akhir ini kembali menjadi sorotan setelah sejumlah aksi kekerasan yang dilakukan oleh sekelompok kriminal bersenjata yang tergabung dalam Organisasi Papua Merdeka (OPM) menghantui masyarakat Papua.

Terakhir, insiden mengejutkan kembali terjadi, 6 Januari lalu, kelompok OPM itu menyerang seorang pilot dan membakar pesawat Mission Aviation Fellowship (MAF) di Kampung Pagamba, Distrik Mbiandoga, Intanjaya, Papua.

Tidak hanya itu, kelompok OPM itu juga dikabarkan telah membakar dua buah tower Base Transceive Station (BTS) milik pemerintah di Distrik Mabuggi, Kabupaten Puncak, Papua. Aksi anarkis kelompok bersenjata itu telah menyababkan jaringan komunikasi di Kabupaten Puncak terputus.

Aksi biadab kelompok OPM itu seperti semakin menjadi-jadi. Terlebih lagi pasca serangkain kasus penyerangan yang terjadi di Distrik Sugapa, Intanjaya sejak pertengahan tahun 2020 lalu.

Menanggapi situasi keamanan di Papua itu, mantan Danjen Kopassus yang saat ini menjabat sebagai Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono tidak tinggal diam.

Di awal tahun 2021 ini, Jenderal TNI AD Bintang Dua itu mengajak istri yang juga menjabat sebagai Ketua Persit KCK Daerah XVII/Cenderawasih, Natalia Yogo Triyono, serta sejumlah perwira tinggi Kodam Cenderawasih melakukan safari kunjungan kerja ke sejumlah satuan jajaran TNI yang berada di bawah komando Kodam XVII/Cenderawasih di Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura.

VIVA Militer: Prajurit Kodam Cenderawasih sambut Pangdam Mayjen TNI Ignatius

Photo :
  • Pendam Cenderawasih

Beberapa satuan yang didatangi Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono adalah Balakdam XVII/Cenderawasih, Denzipur 10/KYD, Batalyon Infanteri (Yonif) Raider Khusus 751/VJS, dan Rindam XVII/Cenderawasih.

Meksipun satuan Kodam Cenderawasih itu terbilang cukup jauh dari Kabupaten Intanjaya atau titik di mana terjadinya aksi anarkis kelompok OPM beberapa waktu lalu, kunjungan kerja jenderal bintang dua berdarah Kopassus itu bukan berarti tidak berhubungan.

Sebagai penanggung jawab komando keamanan di daerah yang paling dekat dengan Intanjaya, Pangdam Cenderawasih memiliki tanggung jawab untuk memastikan seluruh satuan prajurit tempur TNI AD yang berada dibawah kendalinya dalam keadaaan siap sedia bilamana dibutuhkan oleh negara.

Sehingga, dalam kunjungannya ke sejumlah satuan tempur Kodam XVII/Cenderawasih itu, Mayjen TNI Ignatius Yogo berpesan kepada seluruh prajuritnya untuk senantiasa disiplin dalam bertugas, memegang teguh aturan hukum dalam bertugas, serta bekerja dengan tulus dan ikhlas dalam menjalankan tugas.

“Dalam TNI terdapat berbagai macam aturan, sehingga kita dituntut untuk memiliki disiplin yang tinggi. Apabila tidak disiplin maka kita tidak bisa mengendalikan diri kita dan akan membuat pelanggaran. Selain itu sebagai prajurit harus memiliki loyalitas baik kepada atasan bawahan dan rekan serta selalu tulus dan ikhlas dalam menjalankan tugas yang diemban,” kata Pangdam Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono dikutip VIVA Militer dari keterangan resminya, Kamis, 21 Januari 2021.

Tidak hanya itu, dalam kesempatan itu Pangdam Cenderawasih juga mengingatkan kepada seluruh prajurit TNI AD untuk selalu menjaga kesehatan di tengah pandemi COVID-19 saat ini. Dengan demikian, Mayjen TNI Yogo berpesan agar seluruh prajurit TNI serta istri prajurit TNI AD dapat menerapkan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari.
 
“Agar mempunyai Disiplin yang tinggi, anggota harus senantiasa menjaga kesehatan, apabila ada waktu luang manfaat untuk berolahraga, makan makanan bergizi dan beristirahat yang cukup serta mamatuhi protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19 yang saat ini masih berlangsung,” ujarnya.