TNI AU Kerahkan Jet Tempur F-16 ke Ambalat, Ada Apa?

VIVA Militer: TNI Angkatan Udara kerahkan jet tempur F-16 ke Ambalat
Sumber :
  • Dispenau

VIVA – Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Udara telah mengerahkan sejumlah pesawat tempur F-16 Fighting Falcon Skadron Udara (Skadud) 3 Lanud Iswahjudi, Madiun ke wilayah Ambalat, Kalimantan.

Salah satu jet tempur F-16 dari Skadud 3 Lanud Iswahjudi itu telah mendarat di Pangkalan Udara (Lanud) Dhomber, Balikpapan pada hari Senin kemarin, 1 Maret 2021.

Menurut keterangan resmi Dispenau yang dilansir VIVA Militer, Selasa, 2 Maret 2021, kehadiran jet tempur TNI Angkatan Udara ke Tanah Borneo kali ini dalam rangka melatih kesiapan tempur melalui serangkaian latihan di wilayah udara Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, dan di wilayah Ambalat.

"Selain untuk melatih kesiapan tempur pesawat maupun para penerbang, juga dalam rangka pengamanan wilayah udara perbatasan khususnya di Ambalat," tulis Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara dalam keterangan resminya.

Gelar Latihan Tempur Bersama Kapal Perang TNI Angkatan Laut

VIVA Militer: Kapal Perang TNI AL KRI Hiu 634 gelar latihan bersama F-16 TNI AU

Photo :
  • Pen Koarmada II

Di hari yang sama, 2 Jet Tempur F-16 TNI Angkatan Udara lainnya juga terlibat dalam latihan tempur bersama Kapal Perang TNI Angkatan Laut, KRI HIU-634 yang sedang melaksanakan Operasi Garda Paus-21 dibawah kendali Gugus Tempur Laut (Guspurla) Koarmada II di wilayah perairan Ambalat, Kalimantan Utara.

Komandan KRI Hiu-634 Mayor Laut (P) Rivo De Haviland menyatakan, pada operasi bersama tersebut yang dilakukan oleh kedua unsur (KRI dan Pesud) melaksanakan Air Joining Procedure (AJP) dan kerjasama taktis, mengidentifikasi wilayah laut dan udara serta melaksanakan prosedur komunikasi frekuensi VHF yang telah ditentukan.

Ditempat terpisah Komandan Guspurla Koarmada II Laksma TNI Rahmat Eko Rahardjo mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan agar terjalin kerja sama yang baik secara taktis antara dua matra dalam rangka melaksanakan Operasi Gabungan TNI untuk menjaga kedaulatan NKRI khususnya di Perairan Ambalat.