Letjen TNI Prabowo Bertemu Menhan Jepang di Tokyo, Bahas Apa?

VIVA Militer: Letjen TNI (Purn) Prabowo bertemu dengan Menhan Jepang
Sumber :
  • Kemhan RI

VIVA – Menteri Pertahanan (Menhan) RI, Letjen TNI (Purn) Prabowo Subianto pada hari Minggu, 28 Maret 2021 kemarin melajutkan lawatannya ke Tokyo, Jepang. Di Tokyo, Menhan Prabowo bertemu secar langsung dengan Menteri Pertahanan Jepang, H.E.Nobou Kishi.

Pertemuan antara Letjen Prabowo dan Menhan Jepang H.E. Nobou Kishi itu merupakan pertemuan lanjutan setelah sebelumnya kedua Menteri Pertahanan itu melakukan komunikasi via virtual beberapa waktu lalu.

Dilansir VIVA Militer dari keterangan resmi Menhan RI, Senin, 29 Maret 2021, pertemuan kedua Menteri Pertahanan negara sahabat itu membahas beberapa poin hubungan kerjasama dua negara yang sangat penting dalam membangun kekuatan militer atau pertahanan kedua negara.

Kedua Menhan juga sepakat untuk mengadakan dialog Military to Military, melanjutkan konsultasi kerjasama alutsista dan teknologi serta lebih meningkatkan kerjasama service to service, serta menyambut baik diadakannya pertemuan “2 + 2” pada tanggal 30 Maret untuk pertama kalinya dalam 5 tahun ini.

"Dalam pertemuan ini, Menteri Pertahanan kedua negara membahas upaya peningkatan kerjasama pertahanan termasuk diantaranya; merealisasikan kunjungan Panglima TNI ke Jepang, melaksanakan dialog military to military, melanjutkan konsultasi kerjasama alutsista dan teknologi guna mengembangkan secara spesifik projek kerjasama, menyelenggarakan latihan bersama bilateral, mendukung kerjasama dan partisipasi Japan Self-Defense Forces (JSDF) dalam latihan multilateral “Komodo”, dan mempromosikan lebih lanjut kerjasama di bidang High Availability and Disaster Recovery termasuk dalam penanggulangan COVID-19," tulis keterangan resmi Menhan RI.

Dalam kesempatan itu, Menhan Jepang Nobuo Kishi dan Menhan RI Prabowo Subianto juga membahas situasi di Myanmar dan mengekspresikan keprihatinan yang mendalam atas situasi saat ini. Kedua Menhan menegaskan niat kedua negara untuk bekerja sama secara erat dalam masalah ini.

Bahkan, Prabowo juga menyampaikan pandangannya tentang pentingnya mengedepankan diplomasi dan dialog dalam menyelesaikan sengketa antarnegara, serta menegakkan supremasi hukum dalam menangani setiap sengketa.

Untuk diketahui, satu pekan terakhir ini, Letjen TNI (Purn) Prabowo Subianto melakukan kunjungan kenegaraannya ke beberapa negara sahabat. Mantan Danjen Kopassus itu terlihat sangat serius dalam membangun komunikasi untuk menjalin kerjasama di bidang pertahanan dalam rangka memperkuat keamanan dan pertahanan Negara Republik Indonesia.

Beberapa negara yang dikunjungi oleh Prabowo dalam bulan Maret ini diantaranya adalah, London, Inggris. Prabowo melakukan lawatan ke Inggris pada tanggal 23 Maret lalu, di sana Prabowo bertemu dengan Menhan Inggris, The Rt Hon Ben Wallace MP. Kemudian, pada tanggal 25 Maret 2021 lalu, Prabowo juga berkunjung ke Rusia untuk bertemu dengan Deputy Defence Minister of the Russian Federation - Head of the Main Military-Political Directorate of the Armed Forces of the Russian Federation, Colonel General Andrei Kartapolov.