Muncul di Selat Sunda, Dua Kapal China Terkunci Radar Deteksi TNI

VIVA Militer: Kapal China terkunci radar deteksi TNI AL.
Sumber :
  • Koarmada I TNI AL

VIVA – Ternyata tak mudah bagi kapal-kapal asing untuk bisa semaunya melintasi apalagi masuk ke wilayah teritorial Indonesia. Dipastikan semuanya masuk dalam pengawasan pihak militer Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Laut.

Seperti yang belum lama ini terjadi di Selat Sunda, Banten. Dua kapal China terdeteksi melintas di perairan itu dari Samudera Hindia menuju Laut China Selatan.

Berdasarkan informasi yang disiarkan Komando Armada I dilansir VIVA Militer, Kamis 15 April 2021, satu kapal negeri tirai bambu yang terdeteksi adalah kapal penelitian Da Yang Hao.

Kapal ini terdeteksi radar TNI Angkatan Laut melintas di Selat Sunda pada 2 April 2021 sekitar pukul 11:23 WIB. Selama melintas, seluruh aktivitas kapal ini diawasi secara ketat.

Photo :
  • Koarmada I TNI AL

Sehari kemudian 3 April 2021, giliran kapal pelacak satelit/rudal Yuanwang-6 yang lewat di Selat Sunda. Kapal ini terdeteksi radar pada pukul 19:25 WIB.

Walau melintas dalam kondisi langit sudah gelap gulita, tapi seluruh aktivitas Kapal Yuanwang-6 terpantau dan terkunci dengan jelas melalui radar Komando Armada (Koarmada) I.

Memang tak ada aktivitas mencurigakan apalagi sampai mengganggu keamanan RI dari kedua kapal penelitian China itu. Hanya patut diketahui, bahwa dengan kekuatan radar TNI AL ini, tak ada kapal negara asing yang bisa menembus pertahanan RI melalui Selat Sudan tanpa terdeteksi.

Penampakan kapal China lihat di video berikut:

Baca: Aksi Luar Biasa Pasukan Raja Pandhita TNI di Pedalaman Kalimantan