Panglima Lantik 4 Jenderal Tempati Posisi Penting di Lingkungan TNI

VIVA Militer: Panglima TNI pimpin Sertijab 4 Jenderal TNI menempati jabatan baru
Sumber :
  • Puspen TNI

VIVA – Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto hari ini memimpin upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) empat jabatan penting di lingkungan TNI. Keempat  jabatan itu adalah, Komandan Komando Pembina Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI (Dankodiklat TNI), Asisten Teritorial Panglima TNI (Aster Panglima TNI), Kepala Pusat Kesehatan TNI (Kapuskes TNI) dan Kepala Sekretariat Umum TNI (Kasetun TNI).

Sebagaimana diberitakan VIVA Militer sebelumnya, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto pada tanggal 13 September 2021 lalu telah mengeluarkan Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/816/IX/2021 tentang rotasi dan mutasi jabatan di lingkungan TNI.

Dalam surat tersebut, Panglima TNI telah melakukan rotasi jabatan terhadap sejumlah Perwira Tinggi (Pati) TNI, diantaranya, Dankodiklat TNI Letjen TNI Tiopan Aritonang yang digantikan oleh Mayjen TNI Madsuni yang sebelumnya menjabat sebagai Aster Panglima TNI. 

Kemudian, posisi Aster Panglima TNI yang sebelumnya ditempati oleh Mayjen TNI Madsuni, kini resmi digantikan oleh Mayjen TNI Sapriadi yang sebelumnya menjabat Wadanjen Akademi TNI. 

Sementara, untuk posisi Kapuskes TNI Mayjen TNI Tugas Ratmono resmi digantikan oleh Kapuskesad Mayjen TNI dr. Budiman. Kemudian, Kasetum TNI Brigjen TNI Rusmili digantikan oleh Kolonel Inf Edy Rochmatullah yang sebelumnya menjabat Paban I/Ren Spers TNI.

VIVA Militer: Panglima TNI pimpin upacara Sertijab para petinggi TNI

Photo :
  • Puspen TNI

Untuk diketahui, dalam Sertijab kali ini, Letjen TNI Tiopan Aritonang ditunjuk oleh Panglima menjadi Staf Khusus Panglima TNI. Untuk Mayjen TNI Tugas Ratmono menjadi Pati Mabes TNI AD dalam rangka pensiun, sedangkan Brigjen TNI Rusmili menjadi Waaspers Panglima TNI.

Dalam Upacara Sertijab tersebut, sebagai pejabat baru, Dankodiklat TNI Mayjen Madsuni, Aster Panglima TNI Mayjen TNI Sapriadi, Kapuskes TNI Mayjen dr. Budiman, Waaspers Panglima TNI Brigjen Rusmili dan Kasetum TNI Kolonel Inf Edy Rochmatullah kemudian melakukan penandatanganan pakta integritas dan berita acara serah terima jabatan, dilanjutkan dengan pengambilan sumpah jabatan yang dipimpin langsung oleh Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.

Dalam kesempatan itu, Panglima TNI juga menyampaikan ucapan terima kasih dan selamat bertugas kepada Letjen TNI Tiopan Aritonang, Mayjen TNI Madsuni, Mayjen TNI Sapriadi, Mayjen TNI dr. Budiman, Brigjen TNI Rusmili, dan Kolonel Inf Edy Rochmatullah atas jabatan baru yang diembannya.

Tidak hanya itu, usai memimpin upacara Sertijab, Panglima TNI kemudian memberikan cinderamata dan mengucapkan terima kasih kepada Letjen TNI Tiopan Aritonang selama menjabat sebagai Dankodiklat TNI serta kepada Mayjen TNI Tugas Ratmono atas jasa dharma bhaktinya dan memasuki masa purna tugas.