Ternyata Suzuki Jual Jimny yang Mesinnya Cuma 658cc, Minat?

Suzuki Jimny versi kei car yang hanya dibekali mesin 658cc
Sumber :
  • Viva.co.id/Pius Mali

VIVA – Jimny menjadi produk lansiran Suzuki yang dijual di seluruh dunia. Meski demikian, spesifikasi dan varian mobil mungil tersebut menyesuaikan kebutuhan dengan kondisi negara yang menjualnya. Di tanah kelahirannya, adai dua varian yang ditawarkan oleh Suzuki Motor Corporation, yakni Jimny dan Jimny Sierra.

Untuk tipe Jimny, dikategorikan sebagai K-Car atau kei car yang menjadi kendaraan favorit konsumen di Negeri Sakura. Masuk ke dalam golongan tersebut, memang bukan hanya bermodal bodi mungil saja. Jantung penggerak yang disematkan di bawah kap mesinnya juga berkapasitas lebih kecil dibandingkan model Sierra.

Sales Manager Suzuki Arena Sukenobu- Suzuki Motor sales Hamamatsu, Kazushige Ito mengatakan, kedua tipe tersebut memiliki penggemarnya masing-masing. Ada konsumen yang lebih suka dengan kei car, namun ada juga yang lebih percaya diri mengemudi tipe Sierra.

"Suzuki Jimny ada yang masuk kei car juga, mesinnya 658 cc. Untuk yang Sierra mesin lebih besar," ujarnya kepada wartawan yang ikut serta rombongan Suzuki Media Tour Tokyo Motor Show 2019 di Jepang, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Optimisme Suzuki terus jualan dan produksi mobil di Indonesia

Penulusuran VIVA.co.id, dari tampilan luarnya terlihat jelas perbedaan versi kei car dengan yang standar (Sierra). Pada model Sierra, terdapat bodi plastik tambahan warna hitam di atas sepatbor di empat rodanya, sementara model kei car terlihat polos. 

Atap Jimny Kei Car dibuat sewarna dengan bodinya, sedangkan pada tipe Sierra atapnya dilabur cat warna hitam mengkilap. Pada bagian kaki-kaki, Jimny kei car menggunakan model pelek kalang berwarna hitam, sementara versi Sierra sudah menggunak alloy-whell dengan desain palang lima.

Pada bagian kabin, tidak ada perbedaan mencolok antara kei car dan Sierra. Desain dasbor, panel indikator, tombol air conditioner, head unit, serta joknya memiliki desain yang sama. Jimny Sierra maupun kei car memiliki pilihan transmisi otomatis 4 pecepatan maupun manual lima percepatan.

Kunci utama perbedaan keduanya ada di bawah kap mesin. Sierra mengusung mesin bensin 1.500cc, sementara Jimny kei car hanya mengandalkan tenaga dari mesin bensin berkapasitas 658cc. Meski demikian, keduanya sudah dibekali sistem penggerak empat roda sebagai fitur standar.