Jokowi dan Jajaran Menterinya Dapat Mobil Dinas Baru Lho

Mobil presiden RI Mercedes-Benz S600 Guard
Sumber :
  • viva.co.id/ Pius Mali

VIVA – Tak terasa tahun 2019 tinggal hitungan hari. Sepanjang tahun ini, beragam berita otomotif menjadi perhatian dan sorotan masyarakat. Menariknya, berita-berita otomotif yang populer, bukan hanya soal produk mobil maupun sepeda motor baru yang diluncurkan di Tanah Air.

Ada juga informasi menarik lain bagi pembaca, seperti penggantian mobil dinas untuk Presiden dan para Menteri yang menjabat dalam periode 2019-2024. Ihwal penggantian mobil dinas Jokowi, bisa dilihat saat upacara peringatan 17 Agustus di Istana Negara.

Saat itu, presiden dan wakil presiden menggunakan Mercedes Benz S600 Pullman Guard tahun 2007. Mobil Jerman itu, bukan kendaraan dinas harian presiden karena memiliki dimensi yang lebih panjang. Mobil dinas aslinya adalah S600 Guard.

Kabar penggantian mobil dinas, secara resmi diketahui dari keterangan resmi Sekretariat Kabinet, Jumat 23 Agustus 2019. Mobil yang akan dibagikan ke jajaran menteri adalah Toyota Crown jenis Hybrid.

Selain jatah untuk menteri, ternyata Kemensetneg juga menyiapkan mobil dinas baru untuk Jokowi. Berbeda dengan kendaraan jatah menteri yang diadakan dengan sistem lelang, mobil untuk orang nomor satu di Indonesia itu pengadaannya dilakukan dengan cara penunjukan langsung.

Penggantian kendaraan dinas itu memang masuk akal. Sebab, Mercedes-Benz S600 Guard yang menemani perjalan dinas Presiden saat ini, warisan Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), sejak tahun 2008.

Pada Agustus 2019, Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono mengatakan, mobil presiden yang digunakan saat ini, yakni MercedesBenz S600 Guard, sering rusak sistem elektroniknya. Itu sebabnya, presiden butuh mobil baru.

Ucapan Heru terbukti, Kamis 5 September 2019, mobil 'Mercy' KB 1 yang ditumpanginya kembali berulah, karena itu tiba-tiba mogok di Bundaran Tugu Digulis Untan, Pontianak. Jokowi akhirnya harus pindah ke mobil lain untuk melanjutkan perjalanan.

Kejadian ini menguatkan alasan penggantian kendaraan dinas. Sayangnya, informasi mengenai spesifikasi Mercedes-Benz S600 Guard, yang bakal dipakaikan plat nomor RI1 dan RI2 itu jelas membuat penasaran.

Deputy Director Sales Operation & Product Management Mercedes Benz Distributor Indonesia, Karyanto Hardjosoemarto mengatakan, pihaknya tidak bisa memberikan informasi terkait spesifik mobil dinas baru Jokowi.

"Mohon maaf, untuk spesifikasi kami tidak memberikan pernyataan apa pun, bisa menghubungi pihak sekneg untuk perihal tersebut ya," ujarnya saat dihubungi VIVA.co.id, Jumat 23 Agustus 2019.

Kini, para Menteri sudah bisa beraktivitas dengan  kendaraan baru Toyota Crown Hybrid. Namun, Presiden Jokowi harus menunggu sampai kendaraan dinas yang dipesan khusus itu tiba di Tanah Air.

Kepala Biro Umum Kementerian Sekretariat Negara, Piping Supriatna mengatakan, pihaknya terus berkoordinasi dengan agen resmi Mercedes-Benz di Indonesia terkait kesiapan mobil dinas baru itu, termasuk kedatangannya ke Tanah Air. Rencananya, kata Dia, mobil tiba akhir Desember 2019.

“Rencananya tiba akhir Desember 2019, dan akan mulai dipakai presiden tahun depan. Sebab, kami masih harus melakukan pengecekan berupa proses serah terima dan sebagainya,” ucapnya.