Ciputat Hingga Parung Masuk Daftar Daerah RI yang Paling Berpolusi

Ilustrasi polusi udara.
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVA – Polusi udara terus menjadi sorotan dunia saat ini, terutama di saat perubahan iklim dan pemanasan global terjadi secara cepat di seluruh dunia. Seluruh pembuat kebijakan dan para pemimpin industri di seluruh dunia pun terus berinovasi untuk menekan tingkat polusi udara. 

Dikutip Selasa 17 Maret 2020 dari Laporan Kualitas Udara Dunia terbaru 2019 yang dikeluarkan oleh IQAir Swiss, menunjukkan, Indonesia menempati peringkat keenam dari negara paling tercemar udaranya di dunia. RI di bawah Bangladesh, Pakistan, Mongolia, Afganistan, dan India. 

Indonesia di peringkat 6 besar, dengan tingkat polusi 51,71 mikro gram per kubik meter atau masuk kategori tidak sehat untuk sejumlah orang. Level ini merupakan posisi ketiga dari lima kategori tingkat polusi udara yang ada. 

Berdasarkan peringkat tersebut, ada 10 kota atau kabupaten di Indonesia yang terpantau secara real time, pada Selasa pagi, memiliki tingkat polusi udara terbesar. Posisi pertama ditempati oleh Bandung dengan tingkat polusi 142 mikro gram per kubik meter, atau masuk kategori ketiga. 

Baca juga: Industri Otomotif Eropa Terinfeksi Corona, 14 Juta Orang Nganggur

Posisi kedua adalah Medan (91), dan selanjutnya Ciputat (89), Tangerang Selatan (89), Pekanbaru (84), Jakarta (80), Pamulang (80), Parung (80), Pontianak (80) dan Sawangan (80). Kesembilan kota lainnya ini masuk dalam kategori moderat. 

Riset itu menjelaskan, data terbaru ini menyoroti tingkat polusi udara sebagai akibat dariurbanisasi kota yang bergerak cepat, khususnya di Asia Tenggara seperti di Indonesia. 

Dengan demikian, riset ini bisa menjadi acuan bagi pemangku kepentingan khususnya di industri otomotif untuk memporduksi kendaraan yang lebih ramah lingkungan di masa depan.