Honda Pamerkan Delapan Motor Baru Sekaligus di Milan

Honda Motor Europe luncurkan delapan motor baru di Milan.
Sumber :
  • VIVAnews/Maryadie

VIVA – Honda Motor Europe secara resmi meluncurkan delapan motor baru di Palazzo del Ghiaccio, Milan, Senin 4 November 2019. Motor ini juga akan dipamerkan di ajang Milan Motor Show atau EICMA 2019 pada Selasa 5 November 2019.

Berdasarkan laporan VIVAnews dari Milan, delapan motor baru yang diluncurkan Honda ini memang akan dipasarkan di Eropa. Namun, sebagian besar juga akan masuk pasar Indonesia tentunya. 

Kedelapan motor baru itu yakni Honda CBR1000RR-R Fireblade, CBR1000RR-R Fireblide SP, SH125i, SH150i, CRF1100L Africa Twin, CRF1100L Africa Twin Adventure Sport, CMX500 Rebel, dan terakhir Honda CB1000R.

General Manager Corporate Communication PT Astra Honda Motor, Ahmad Muhibbudin yang juga hadir dalam acara tersebut, menyebut dari delapan motor baru yang diluncurkan tersebut hanya SH125i yang tak menyasar pasar Indonesia.

Adapun dari sederet motor baru itu, all new CBR1000RR-R Fireblade dan CBR1000RR-R Fireblade SP menjadi yang ditunggu-tunggu. Sebab, CBR1000RR-R Fireblade dan varian SP-nya hadir dengan mesin baru yang tentu lebih bertenaga. Tak heran jika Honda mengusung tagline 'Born to Race'.

Dua motor baru Honda ini memang sangat terinspirasi mesin Honda RC213V yang digunakan pada balapan MotoGP. Tak heran jika mesin empat silinder pada dua motor tersebut diklaim sebagai mesin empat silinder segaris terbuas yang pernah dibuat Honda.

Selain mesin baru dengan teknologi MotoGP, CBR1000RR-R Fireblade ini juga punya frame baru yang mampu memuntahkan tenaga hingga 160 kW pada 14.500 rpm dan torsi maksimum 113 Nm pada 12.500 rpm. Dengan kata lain, tenaga yang dihasilkan naik 13 persen dari versi sebelumnya.

Untuk kenyamanan dan kestabilan, all new Honda CBR1000RR-R Fireblade ini juga telah ditanami suspensi semi-aktif Öhlins Electronic Control dan Öhlins TTX36 SmartEC untuk suspensi belakangnya. Lalu, untuk pengereman juga telah disematkan kaliper Brembo Stylema terbaru untuk cakram depan dan belakangnya.

Terakhir, baik CBR1000RR-R Fireblade maupun varian SP-nya juga telah menggunakan knalpot Akrapovic yang berbahan titanium ringan. Nah, untuk pilihan corak, kedua motor kencang Honda ini hadir dengan masing-masing dua skema warna berbeda yakni merah HRC ala Grand Prix dan Matte Pearl Black.

Selain itu, dalam ajang EICMA 2019, Honda memamerkan SH125i terbaru yang akan dipasarkan pada 2020. Dibandingkan versi sebelumnya, Honda SH125i 2020 ini punya banyak keunggulan. 

Honda mengklaim, keunggulan dari Honda SH125i terbaru ini punya desain baru, lebih bertenaga, lebih irit dan yang tak kalah penting punya ruang penyimpanan lebih luas. Untuk ruang penyimpanan di bawah jok punya kapasitas 28 liter.

Terkait dengan dapur pacu, Honda SH125i 2020 ini ditanami mesin baru empat katup dengan teknologi ESP+ dan juga sesuai standar regulasi emisi Euro5. Mesin baru ini diklaim membuat SH125i 2020 lebih bertenaga dan punya akselerasi yang lebih mantap dari versi sebelumnya.

Selain itu, SH125i ini telah dilengkapi fitur Honda Selectable Torque Control (HSTC) yang bergabung dengan fitur Idling Stop sebagai fitur standar yang disematkan. SH125i terbaru ini juga telah dilengkapi charger USB, Honda Smart Key serta pilihan suspensi belakang untuk kenyamanan.

Di Indonesia, baru SH150i yang telah dipasarkan. Sementara itu, sang adik masih sebatas diperkenalkan termasuk saat dipajang di beberapa event otomotif di Indonesia.

Hadir dalam acara launching tersebut Tom Gardner, Senior Vice President Honda Motor Europe.